Friday 24 February 2017

Ragam Bentuk Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu.



PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Seiring dengan berkembangnya zaman yang semakin modern seyogyanya disertai dengan perkembangan pendidikan yang semakin baik, akan tetapi pada kenyataanya penyelenggaraan pendidikan sampai saat ini masih menganut pendekatan managerial administrasi yaitu pelaksanaan pembelajaran yang menekankan pada penyelesaian program pembelajaran.
Sebagai akibatnya, minat dan kebutuhan siswa terabaikan atau bahkan tidak tersentuh sama sekali karena guru hanya terfokus pada penyelesaian pembelajaran sesuai program. Pelaksanaan pendidikan yang demikian akan dapat melumpuhkan inovasi dan kreativitas guru untuk mengembangkan idenya. Terabaikannya minat dan kebutuhan anak akan mengakibatkan hambatan bagi perkembangan anak. Perkembangan anak hanya pada aspek kognitif saja yang tidak selalu sesuai dengan minat dan kebutuhan anak sehingga akan menghambat kreativitas anak.
Untuk mengatasi masalah ini tentunya perlu upaya untuk mencapai pembelajaran yang dapat mengembangkan anak seoptimal mungkin baik aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik serta pengembangan kreatifitas. Bagi anak Sekolah Dasar yang masih berada pada taraf operasional konkrit yaitu pemahaman pada suatu yang nyata atau tidak abstrak, maka anak perlu pengalaman belajar langsung dan nyata dalam kehidupan sehari-hari.
Pembelajaran yang dapat mengembangkan potensi yang dimiliki anak antara lain yaitu pembelajaran terpadu. Hal tersebut didasarkan pada perkembangan anak secara holistik, berlangsung secara terpadu (aspek dimensi satu mempengaruhi aspek dimensi yang lain). Dalam pembelajaran terpadu guru dituntut untuk memiliki kemampuan dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak agar dapat mengikuti perkembangan jaman yang semakin maju.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka masalah yang akan dibahas dalam makalah ini yaitu:
  1. Apa saja ragam bentuk implementasi PTT?
  2. Apa saja sifat materi yang dipadukan ?
  3. Bagaimana cara pemaduan materi?
  4. Bagaimana waktu pelaksanaan materi?
  5. Apa kefleksibelan dan persyaratan PTT?

C.    Tujuan
Dari uraian rumusan masalah di atas, maka tujuan penulisan makalah ini yaitu :
  1. Untuk mengetahui ragam bentuk implementasi PTT.
  2. Untuk mengetahui  sifat materi yang dipadukan .
  3. Untuk mengetahui cara pemaduan materi.
  4. Untuk mengetahui waktu pelaksanaan materi.
  5. Untuk mengetahui kefleksibelan dan persyaratan PTT.
PEMBAHASAN
  1. Ragam Bentuk Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu.
Di dalam praktiknya,terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi cara guru melaksanakan pembelajaran terpadu.Hal ini bisa mengakibatkannya beraneka macam bentuk pelaksanaan pembelajaran terpadu.Ragam ini bisa ditentukan oleh sifat materi yang dipadukan,cara memadukan materinya,perancanaan pemanduannya,waktu pelaksanakannya,serta dilihat dari unsur pemicunya. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan pembelajaran terpadu diungkapkan oleh Tim Pengembang PGSD (1996: 13) yaitu ketelitian dalam mengantisipasi kemanfaatan arahan pengait konseptual intra maupun antar bidang studi, penguasaan material dan medodologi terhadap bidang-bidang studi yang perlu dikaitkan dan memperhatikan kurikulum yang telah ada sehingga tercapainya tujuan pendidikan. 16 Menurut Tim Pengembang PGSD (1996: 10-13).
Berikut akan diuraikan ragam bentuk implementasi pembelajaran terpadu.
1.      Ditinjau dari sifat materi yang dipadukan.
Jika ditinjau dari sifat materi yang dipadukan,maka sedikitnya ada dua macam bentuk implementasi pembelajaran terpadu yaitu:
  1. pembelajaran terpadu intra bidang studi.
  2. pembelajaran terpadu antar bidang studi.Pembelajaran terpadu dikatakan bersifat intra bidag studi jika yang dipadukan adalah materi-materi (pokok bahasan/subpokok bahasan,konsep/subkonsep,keterampilan atau nilai) dalam satu bidang studi.Suatu pembelajaran yang memadukan materi pengukuran,rasio,pecahan,operasi hitung,misalnya adalah pembelajaran terpadu intra bidang studi Matematika.Pembelajaran yang memadukan keterampilan menyimak,membaca,berbicara,dan menulis,adalah pembelajaran terpadu intra bidang Bahasa Indonesia.
Sementara itu, pembelajaran terpadu yang memadukan konsep/subkonsep,pokok bahasan/subpokok bahasa bidang studi yang satu dengan bidang studi lainya dikatan pembelajaran terpadu antar bidang studi.Suatu pembelajaran yang memadukan Matematika dan IPA,misalnya,dikatakan sebagai pembelajaran terpadu antar bidang studi Matematika dan IPA.Pembelajaran terpadu juga bisa terjadi antara IPA,IPS,MAT,dan Bahasa Indonesia.
2.      Ditinjau dari cara pemaduan materi.
Didalam melaksanakan pembelajaran terpadu,guru terkadang masih memperhtikan secara tegas batas-batas antara bidang studi yang satu dengan yang lainnya.Namun,kadang-kadang pula,batas-batas antara mata pelajaran yang satu dengan yang lain sudah sangat samar,hamper seperti tidak ada sekat yang membatasinya.Dalam praktiknya,jika suatu tema telah ditetapkan,maka guru bersama siswa mengkaji tema tersebut dari sudut pandang masing-masing bidang studi.Berdasarkan tema tersebut,guru (bersama siswa) menentukan unsur-unsur bidang studi yang harus ada tumpang tindih dengan bidang studi yang lainya.Jika suatu temat telah ditetapkan,misalnya “Banjir”,siswa diajak mempelajari aspek matematika,aspek IPA,aspek IPS,dan bnjir tersebut tanpa memperhatikan keterkaitan antar apa yang dipelajari dalam Matematika,IPA,dan IPS.
Sementara itu,bisa juga pembelajaran yang mengakibatkan siswa harus memadukan secara utuh beberapa atau bahkan semua bidang studi.Siswa tidak hanya di tuntut untuk mengetahui aspek dari masing-masing bidang studi,melainkan harus mengorganisasikannya sedemikian rupa menjadi satu kesatuan yang utuh.Umumnya hal ini terjadi dalam pembelajaran proyek.
Tahap ini sebaiknya dilakukan setelah  membuat pemetaan kompetensi dasar secara menyeluruh pada semua mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dasar dengan maksud supaya terjadi pemerataan keterpaduan dan pencapaiannya. Pada saat menetapkan beberapa mata pelajaran yang akan dipadukan sebaiknya sudah disertai dengan alasan atau rasional yang berkaitan dengan pencapaian kompetensi dasar oleh siswa dan kebermaknaan belajar.

3.      Dilihat dari waktu pelaksanaan materi.
Menurut Trianto (2011: 220) pengaturan jadwal pelajaran merupakan prosedur yang bersifat administrative.Waktu pelaksanaan pembelajaran tepadu bisa bermacam-macam.Pembelajaran terpadu ada yang dilaksanakan pada waktu tertentu yakni apabila materi yang di ajarkan cocok sekali diajarkan secara terpadu.Ada pula yang melaksanakan pembelajaran terpadu secara periodik,da nada pula yang melaksanakan pembelajaran terpadu sehari penuh.Pembelajaran terpadu yang dilaksanakan pada waktu tertentu dikatakan pembelajaran terpadu yang bersifat temporer.Dalam hal ini yang demikian,pelaksanaan pembelajaran terpadu tidak mengikuti jadwal yang teratur.Pembelajaran ini terjadi tanpa kepastian waktu.Pembelajaran yang sedemikian sangat bersifat situasional. Dengan melihat berbagai ragam implementasi pembelajaran terpadu, dapat diuraikan bahwa pembelajaran terpadu dimulai dari tahap perencanaan,pelaksanaan dan evaluasi. Pembelajarn terpadu masih dibagi menjadi tiga model yaitu model pembelajaran tematik, keterpaduan intra bidang studi dan inter bidang studi, yang masingmasing akan dijelaskan lebih lanjut.
Adapun model jadwal pengajaran tematik ada dua macam yang dijabarkan sebagai berikut.
  1. Model jadwal pengajaran tematik dengan mata pelajaran.
 Model pembelajaran dengan mata pelajaran pada umumnya dipakai di SD. Model jadwal ini, dengan tema masuk dalam mata pelajaran. Artinya tema-tema yang dipakai dalam pembelajaran tematik tidak tampak dalam jadwal, tetapi yang tertulis di jadwal yaitu nama pelajaran.
  1. Model jadwal pengajaran tematik secara terintegrasi.
Jadwal pelajaran tematik secara terintegrasi adalah jadwal pelajaran yang menggunakan tema-tema, bukan nama mata pelajaran. Oleh karena itu, dalam pelajaran tidak tertulis namanama pelajaran. Teknik merancang jadwal mata pelajaran tematik dengan mata pelajaran
  1. Semua guru yang mengajar di kelas 1, 2 dan 3, baik guru kelas, mata pelajaran agama, guru pendidikan jasmani, maupun muatan lokal perlu bersama-sama menyusun jadwal pelajaran.
  2. Menyusun jadwal pelajaran dengan menggunakan tabel berisi mata pelajaran dan jam mata pelajaran.
  3. Semua guru bermusyawarah menentukan tema.
  4. Teknik merancang jadwal pelajaran tematik secara terintegrasi.
  5. Semua guru yang mengajar di kelas 1, 2 dan 3, baik guru kelas, mata pelajaran agama, guru pendidikan jasmani, maupun muatan lokal perlu bersama-sama menyusun jadwal pelajaran.
  6. Sebelum dimulai tahun ajaran baru, semua guru bermusyawarah untuk menentukan tema-tema yang digunakan dalam pembelajaran tematik dalam satu tahun.
  7. Sebaiknya madarasah atau sekolah memiliki jadwal dengan nama mata pelajaran sebagai panduan guru untuk memahami jumlah jam untuk setiap mata pelajaran.
Pembelajaran terpadu dapat pula di rancang secara periodik,misalnya pada setiap akhir pecan,setiap akhir catur wulan,dan lain sebagainya.Waktu-waktu pelaksanaanya telah dirancang secara pasti.Sementara itu,pelaksana pembelajaran terpadu dapat pula dilakukan seharian penuh.Selama satu hari penuh tidak ada pelajaran bidang studi.Yang ada hanyalah siswa yang belajar sesuai dengan yang diinginkannya.Oleh karena itu,tidak perlu heran apabila dalam pembelajaran terpadu yang sedemikian dikenal dengan istilah integrated day atau hari terpadu.
4.      Kefleksibelan Pembelajaran Terpadu.
Pembelajaran tematik bersifat luwes (fleksibel) dimana guru dapat mengaitkan bahan ajar dari satu mata pelajaran dengan mata pelajaran yang lainnya, bahkan mengaitkannya dengan kehidupan siswa dan keadaan lingkungan dimana sekolah dan siswa berada. Didalam praktiknya,pembelajaran terpadu yang dikembangkan oleh guru tihanya satu dimensi.Ada pembelajaran terpadu spontan yang memadukan dua mata pelajaran secara utuh.Ada pula pembelajaran terpadu terencana yang di dasarkan atas suatu tema tertentu,dan dilaksanakan setiap periode waktu tertentu.Hampir tidak ditemukan pembelajara terpadu yang unidemensional.
5.      Persyaratan Pembelajaran Terpadu.
Untuk dapat melaksanakan pembelajaran terpadu,beberapa hal yang diperlukan antara lain adalah:
a.       Kejelian profesional guru dalam mengantisipasi pemanfaatan berbagai kemungkinan arahan pengait konseptual intra ataupun antar bidang studi.
b.      Pengusaan material dan metodologi terhadap bidang-bidang studi yang perlu dikaitkan.
c.       Wawasan kependidikan yang mampu membuat guru selalu waspada untuk memanfaatkan setiap keputusan dan tindakannya untuk memberikan turunan nyata bagu pencapaian tujuan utuh pendidikan (dampak instruksional dan danmpak pengiring) .

6.      Langkah-langkah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Menurut Rusman (2015:156-162) ada enam tahap dalam mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran tematik yaitu :
  1. Menetapkan Mata Pelajaran yang akan dipadukan
Tahap ini sebaiknya dilakukan setelah membuat pemetaan kompetensi dasar secara menyeluruh pada semua mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dasar dengan maksud supaya terjadi pemerataan keterpaduan. Pada saat menetapkan beberapa mata pelajaran yang akan dipadukan sebaiknya sudah disertai dengan alasan atau rasional yang berkaitan dengan pencapaian kompetensi dasar oleh siswa dan kebermaknaan belajar.
  1. Mempelajari kompetensi dasar dan indicator dari muatan mata pelajaran yang akan dipadukan
Pada tahap ini dilakukan pengkajian atas kompetensi dasar pada jenjang dan kelas yang sama dari beberapa muatan mata pelajaran yang memungkinkan untuk diajarkan dengan menggunakan paying sebuah tema oemersatu. Sebelumnya perlu ditetapkan terlebih dahulu aspek-aspek dari setiap muatan mata pelajaran yang dapat dipadukan.
Perhatikan contoh berikut :
Bahasa Indonesia
Matematika
IPA
Seni Bidaya dan Prakarya
Mendengarkan
Bilangan cacah sampai dengan tiga angka
Makhluk hidup dan proses kehidupan
Rupa: Gambar ekspresi
Berbicara
Pengukuran: Panjang, berat
Benda dan sifatnya
Gambar imajinatif
Membaca

Energi dan perubahannya
Objek imajinatif
Menulis


Ritme (warna, garis)

Berdasarkan pemetaan aspek dalam setiap muatan mata pelajaran, sebagaimana yang tercetak tebal dan dilingkar di atas, maka selanjutnya dapat ditetapkan kompetensi dasar dan indikator dari setiap muatan mata pelajaran sebagaimana terlihat dalam contoh berikut:
Bahasa Indonesia
Matematika
IPA
Seni Budaya dan Prakarya
Mendeskripsikan binatang di sekitar (secara lisan)
Memahami konsep urutan bilangan cacah
Mendeskripsikan bagian-bagian yang tampak pada hewan di sekitar rumah dan sekolah
Menanggapi berbagai unsur rupa: bintik, garis, bidang, warna dan bentuk

  1. Memilih dan Menetapkan Tema/Topik Pemersatu
Tahap berikutnya yaitu memilih dan menetapkan tema yang dapat mempersatukan kompetensi-kompetensi dasar dan indikator pada setiap mata pelajaran yang akan dipadukan pada kelas dan semester yang sama. Dalam memilih dan menetapkan tema terdapat beberapa hal yang perlu pertimbangan, di antaranya: a) Tema yang dipilih harus memungkinkan terjadinya proses berpikir pada diri siswa serta terkait dengan cara dan kebiasaan belajarnya, b) Ruang lingkup tema disesuaikan dengan usia dan perkembangan siswa, termasuk minat, kebutuhan, dan kemampuannya, dan c) Penetapan tema dimulai dari lingkungan yang terdekat dan dikenali oleh siswa.
Tema-tema pemersatu yang akan dibahas dalam pembelajaran tematik bisa ditetapkan sendiri oleh guru dan/atau bersama siswa berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tersebut. Contoh tema, seperti: ”peristiwa alam”, ”keluarga”, ”kebersihan”, ”kesehatan”, ”rekreasi”, ”alat transportasi”, ”alat komunikasi”, ”pengalaman”, dsb. Ruang lingkup tema yang ditetapkan sebaiknya tidak terlalu luas atau terlalu sempit. Tema yang terlalu luas bisa dijabarkan lagi menjadi anak tema atau subtema yang sifatnya lebih spesifik dan lebih kongkret. Anak tema atau subtema tersebut selanjutnya dapat dikembangkan lagi menjadi suatu materi/isi pembelajaran. Bila digambarkan akan tampak seperti di bawah ini.

(Gambar)

Sebagai contoh, tema tentang ”PENGALAMAN” dapat dikembangkan menjadi anak tema: (1) Pengalaman menyenangkan, (2) Pengalaman menyedihkan, (3) Pengalaman lucu/menggelikan. Tema ”ALAT TRANSPORTASI” dapat dikembangkan menjadi anak tema seperti contoh berikut: (1) Alat transportasi darat, (2) Alat transportasi laut, 3) Alat transportasi udara. Tema ”PERISTIWA ALAM” dapat dikembangkan menjadi anak tema: (1) banjir, (2) gempa bumi, (3) gunung meletus, (4) tanah longsor, dsb. TEMA Anak Tema 1 Anak Tema 2 Anak Tema 3 Materi 1 Materi 2 Materi 3.

  1.  Menghubungkan kompetensi dasar dengan tema pemersatu.
Pada tahap ini dilakukan pemetaan keterhubungan kompetensi dasar masing-masing matapelajaran yang akan dipadukan dengan tema pemersatu. Pemetaan tersebut dapat dibuat dalam bentuk bagan dan/atau matriks jaringan tema yang memperlihatkan kaitan antara tema pemersatu dengan kompetensi dasar dari setiap mata pelajaran. Tidak hanya itu, dalam pemetaan ini harus tampak juga hubungan tema pemersatu dengan indikator-indikator pencapaiannya. Contoh pemetaan keterhubungan kompetensi dasar dengan tema pemersatu ”BINATANG” dalam bagan dan matriks di bawah ini.
 
(Gambar)


Dari bagan keterhubungan di atas dapat diuraikan secara lebih lengkap dalam contoh matriks berikut:

Muatan Mata Pelajaran
Kompetensi dasar
Indikator
Bahasa Indonesia
Menceritakan binatang di sekitar
·         Menirukan gerak dan suara binatang tertentu
·         Menjelaskan ciri-ciri binatang secara rinci (nama, ciri khasnya, suaranya, di mana hidupnya) dengan pilihan kata dan kalimat yang runtut
·         Membaca dan melengkapi teks pendek yang dilengkapi dengan gambar
IPA
Mendeskripsikan bagian-bagian yang tampak pada hewan di sekitar rumah dan sekolah
·         Membuat daftar bagian-bagian utama tubuh hewan (kucing, burung, ikan) dan kegunaannya dari hasil pengamatan
·         Menirukan berbagai suara hewan yang ada di lingkungan sekitar
·         Menggambar sederhana hewan dan menamai bagian-bagian utama tubuh hewan
·         Menceritakan cara hewan bergerak berdasarkan pengamatan misalnya: menggunakan kaki, perut, sayap dan sirip
Matematika
Memahami konsep urutan bilangan cacah
·         Menyebutkan banyaknya benda
·         Membaca dan menulis lambing bilangan dalam kata-kata dan angka
·         Menentukan bahwa kumpulan benda lebih banyak, lebih sedikit, atau sama dengan kumpulan lain
Kerajinan Tangan dan Kesenian
Menanggapi berbagai unsur rupa: bitnik, garis, bidang, warna, bentuk
·         Mengungkapkan perasaan ketertarikan pada objek yang diamati dari berbagai unsur rupa dan perpaduannya.

  1.  Penyusunan Silabus Pembelajaran Tematik
Dari hasil seluruh proses yang telah dilakukan pada tahap-tahap sebelumnya dijadikan dasar dalam penyusunan silabus pembelajaran tematik. Secara umum, silabus ini diartikan sebagai garis-garis besar, ringkasan, ikhtisar, atau pokok-pokok isi/materi pembelajaran tematik. Silabus merupakan penjabaran lebih lanjut dari standar kompetensi, kompetensi dasar yang ingin dicapai, dan pokok-pokok materi yang perlu dipelajari siswa. Dalam menyusun silabus perlu didasarkan pada matriks/bagan keterhubungan yang telah dikembangkan. Kompetensi dasar setiap matapelajaran yang tidak bisa dikaitkan dalam pembelajaran tematik disusun dalam silabus tersendiri. Format silabus disusun dalam bentuk matriks dan memuat tentang mata pelajaran yang akan dipadukan, kompetensi dasar dan indikatornya yang akan dicapai, materi pokok, strategi atau langkah-langkah pembelajaran yang akan dilakukan, alokasi waktu yang dibutuhkan, dan sumber bahan pustaka yang dijadikan rujukan. Contoh format dan pedoman penyusunan silabus pembelajaran tematik dapat dilihat pada matriks terlampir.

  1. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Untuk keperluan pelaksanaan pembelajaran tematik perlu disusun suatu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Penyusunan rencana pembelajaran ini merupakan realisasi dari pengalaman belajar siswa yang telah ditetapkan dalam silabus pembelajaran. Komponen rencana pembelajaran tematik meliputi:
a.       Identitas mata pelajaran (nama mata pelajaran yang akan dipadukan, kelas, semester, dan waktu/banyaknya jam pertemuan yang dialokasikan).
b.      Kompetensi dasar dan indikator yang hendak dicapai.
c.       Materi pokok beserta uraiannya yang perlu dipelajari siswa dalam rangka mencapai kompetensi dasar dan indikator.
d.      Strategi pembelajaran (kegiatan pembelajaran secara konkret yang harus dilakukan siswa dalam berinteraksi dengan materi pembelajaran dan sumber belajar untuk menguasai kompetensi dasar dan indikator).
e.       Alat dan media yang digunakan untuk memperlancar pencapaian kompetensi dasar, serta sumber bahan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran tematik sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai.
f.       Penilaian dan tindak lanjut (prosedur dan instrumen yang akan digunakan untuk menilai pencapaian belajar siswa serta tindak lanjut hasil penilaian)


PENUTUP

A.        Kesimpulan
Dari pembahasan diatas, dapat disimpulkan bahwa ragam bentuk pembelajaran temaik terpadu dapat ditinjau dari beberapa segi, anatara lain :
  1. Ditinjau dari  sifat materi yang dipadukan, termasuk intra bidang studi dan antar bidang studi
  2. Ditinjau dari cara pemaduan materi
Di dalam pemaduan materi, harus memperhatikan secara tegas batas-batas antara bidang studi yang satu dengan yang lainnya karena  terkadang batas-batas antara mata pelajaran yang satu dengan yang lain sudah sangat samar,hamper seperti tidak ada sekat yang membatasinya.
  1. Ditinjau dari waktu pelaksanaannya, pembelajaran tematik menggunakan waktu tertentu   (temporer atau             periodik) atau Satu hari penuh (Integrated Day)
  2. Ditinjau dari kefleksibilitasnya, pembelajaran tematik bersifat luwes (fleksibel) dimana guru dapat mengaitkan bahan ajar dari satu mata pelajaran dengan mata pelajaran yang lainnya, bahkan mengaitkannya dengan kehidupan siswa dan keadaan lingkungan dimana sekolah dan siswa berada
  3. Selain itu, dalam pelaksanaannya pembelajaran terpadu,harus memiliki beberapa persyaratan yang harus dimiliki.

B.         Saran
Para calon pendidik dan pendidik hendaknya memahami tentang cara melaksanakan pembelajaran terpadu agar dalam melaksanakan pembelajaran terpadu tepat.

DAFTAR PUSTAKA


Rusman.2015. PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU.Jakarta:PT. RajaGrafindo Persada
Tim Pengembang PGSD. 1996. Pembelajaran Terpadu D2 PGSD dan S2 Pendidikan Dasar. Departemen Kebudayaan dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Trianto..2011. Model Pembelajaran Terpadu.Jakarta: PT Bumi Aksara

No comments:

Post a Comment