Analisis
Buku Teks dengan Kurikulum “KTSP” Bahasa Indonesia Kelas Tinggi
Satuan
Pendidikan : Sekolah
Dasar Negeri
Kelas/
Semester : IV/ 2
Buku
Pelajaran : Tim Bina
Karya Guru “Bina Bahasa Indonesia untuk SD kelas IV Semester 2”
A. Pelajaran
1. Kegemaran
1. Analisis
Kesesuaian Buku Teks Dengan Kurikulum
Buku Teks
|
Buku Kurikulum “KTSP”
|
Hasil Analisis
|
||
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
5.Mendengarkan
Pengumuman
|
5.1
Menyampaikan kembali isi pengumuman yang dibacakan
|
5.
Mendengarkan pengumuman dan pembacaan pantun
|
5.1
Menyampaikan kembali isi pengumuman yang dibacakan
|
SK pada buku kurang lengkap seperti
yang terdapat dalam KTSP.
|
6.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui telepon
|
6.2
Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon
|
6.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui telepon
|
6.2
Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon sesuai dengan isi pesan
|
KD pada buku kurang lengkap seperti
yang terdapat dalam KTSP.
|
7.
Memahami teks melalui membaca intensif
|
7.1
Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif
|
7.
Memahami teks melalui membaca intensif
|
7.1
Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif
|
Sudah sesuai sk dan
KDNya .
|
8.
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk
karangan sederhana
|
8.1
Menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan
penggunaan ejaan (huruf kapital, tanda titik, tanda koma, dan lain-lain)
|
8.
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk
karangan¸ pengumuman, dan pantun anak
|
8.1
Menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan
penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma,
dan lain-lain)
|
SK pada buku kurang lengkap seperti
yang terdapat dalam KTSP. Dan juga pada KD ada perubahan pada penulisan huruf kapital padahal dalam KTSP huruf
besar.
|
2. Analisis
Tingkat Keterbacaan
Analisis Tingkat
Keterbacaan
|
Buku ini khususnya pada pelajaran 1.
Kegemaran, tingkat keterbacaan sudah sesuai dengan tuntutan kelasnya maupun
kurikulumnya. Sebab pada materi ini siswa juga dibekali dengan contoh maupun
petunjuk kerja baik individu maupun kelompok. Sehingga tingkat kesulitannya
sudah disesuaikan dengan anak kelas IV.
|
3. Analisis
Kesesuaian dengan Lingkungannya
Analisis Kesesuaian
dengan Lingkungannya
|
Buku ini khususnya pada pelajaran 1.
Kegemaran, kesesuaian dengan lingkungan anak menurut analisis saya sudah
sesuai. Sebab pada lingkungan anak yang sekolah di SD N sudah banyak
menggunakan telepon di rumahnya masing-masing. Dan begitu juga pada materi
menulis karangan dengan mengamati rangkaian gambar dan dibuku gambar membuat
layang-layang. Dan di lingkungan anak juga sudah sering bermain serta tahu
membuat layang-layang, sebab di lingkungan mereka juga ada perlombaan
layang-layang.
|
4. Analisis
Fisik Buku
Analisis Fisik Buku
|
|||
Ukuran Buku
|
Warna Buku
|
Ukuran Tulisan
|
Gambar Buku
|
Ukuran buku sudah ideal dan juga tidak
terlalu berat untuk dibawa oleh anak sd kelas IV.
|
Warna bukupun cukup menarik, dimana
terdapat perpaduan beberapa warna seperti hitam, merah (tidak terlalu
terang).
|
Ukuran tulisan sudah sesuai atau ideal
jika dibaca pada jarak 30 cm masih dapat terbaca terutama bagi siswa kelas
IV.
|
Gambar pada buku kurang berwarna hanya
menggunakan warna gelap seperti hitam dan putih.
Dan sebaiknya menggunakan perpaduan
beberapa warna yang relevan dengan objek yang tergambar dalam buku.
|
B. Pelajaran
2. Disiplin
1. Analisis
Kesesuaian Buku Teks Dengan Kurikulum
Buku Teks
|
Buku Kurikulum “KTSP”
|
Hasil Analisis
|
||
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
5.Menirukan
pembacan pantun anak dengan lafal dan intonasi yang tepat
|
5.1
Menirukan pembacaan pantun anak dengan lafal dan intonasi yang tepat
|
5.
Mendengarkan pengumuman dan pembacaan pantun
|
5.2
Menirukan pembacaan pantun anak dengan lafal dan intonasi yang tepat
|
SK pada buku sangat berbeda dengan
yang ada pada KTSP. Dan penomoran KD pada buku juga salah seharusnya 5.2.
|
6.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui telepon
|
6.2
Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon
|
6.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berbalas pantun dan telepon
|
6.2
Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon sesuai dengan isi pesan
|
SK dan KD pada buku kurang lengkap
seperti yang terdapat dalam KTSP.
|
7.
Memahami teks melalui membaca pantun
|
7.1
Membaca pantun anak secara berbalasan dengan lafal dan intonasi yang tepat
|
7.
Memahami teks melalui membaca
intensif, membaca nyaring, dan membaca pantun
|
7.3
Membaca pantun anak secara berbalasan dengan lafal dan intonasi yang tepat
|
SK pada buku kurang lengkap seperti
yang terdapat dalam KTSP. Dan pada penomeran KD pada buku juga salah
seharusnya 7.3.
|
8.
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk
pantun anak
|
8.1
Membuat pantun anak yang menarik tentang kepatuhan sesuai dengan ciri-ciri
pantun
|
8.
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk
karangan, pengumuman, dan pantun anak
|
8.3
Membuat pantun anak yang menarik tentang berbagai tema (persahabatan,
ketekunan, kepatuhan, dll) sesuai dengan ciri-ciri pantun
|
SK dan KD pada buku kurang lengkap
seperti yang terdapat dalam KTSP. Dan pada penomeran KD pada buku juga salah
seharusnya 8.3.
|
2. Analisis
Tingkat Keterbacaan
Analisis Tingkat
Keterbacaan
|
Buku ini khususnya pada pelajaran 2.
Disiplin, tingkat keterbacaan sudah sesuai dengan tuntutan kelasnya maupun
kurikulumnya. Sebab pada materi ini siswa juga dibekali dengan contoh maupun
penjelasan dengan menggunakan kata-kata yang sederhana. Sehingga tingkat
kesulitannya sudah disesuaikan dengan anak kelas IV.
|
3. Analisis
Kesesuaian dengan Lingkungannya
Analisis Kesesuaian
dengan Lingkungannya
|
Buku ini khususnya pada pelajaran 2.
Displin, kesesuaian dengan lingkungan anak menurut analisis saya sudah sesuai.
Sebab pada lingkungan anak yang sekolah di SD N sudah banyak menggunakan
telepon di rumahnya masing-masing dan anak juga sudah pernah melakukan
percakpan ditelepon. Dan begitu juga pada materi pantun, pada lingkungan anak
sudah sering mengenal pantun contohnya saja pada saat acara adat.
|
4. Analisis
Fisik Buku
Analisis Fisik Buku
|
|||
Ukuran Buku
|
Warna Buku
|
Ukuran Tulisan
|
Gambar Buku
|
Ukuran buku sudah ideal dan juga tidak
terlalu berat untuk dibawa oleh anak sd kelas IV.
|
Warna bukupun cukup menarik, dimana
terdapat perpaduan beberapa warna seperti hitam, merah (tidak terlalu
terang).
|
Ukuran tulisan sudah sesuai atau ideal
jika dibaca pada jarak 30 cm masih dapat terbaca terutama bagi siswa kelas
IV.
|
Gambar pada buku kurang berwarna hanya
menggunakan warna gelap seperti hitam dan putih.
Dan sebaiknya menggunakan perpaduan
beberapa warna yang relevan dengan objek yang tergambar dalam buku.
|
C. Pelajaran
3. Teknologi Sederhana
1. Analisis
Kesesuaian Buku Teks Dengan Kurikulum
Buku Teks
|
Buku Kurikulum “KTSP”
|
Hasil Analisis
|
||
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
5.Mendengarkan
Pengumuman
|
5.1
Menyampaikan kembali isi pengumuman yang dibacakan
|
5.
Mendengarkan pengumuman dan pembacaan pantun
|
5.1
Menyampaikan kembali isi pengumuman yang dibacakan
|
SK pada buku kurang lengkap seperti
yang terdapat pada KTSP.
|
6.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui telepon
|
6.2
Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon
|
6.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berbalas pantun dan
telepon
|
6.2
Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon sesuai dengan isi pesan
|
SK dan KD pada buku kurang lengkap
seperti yang terdapat dalam KTSP.
|
7.
Membaca teks melalui membaca intensif
|
7.1
Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif
|
7.
Memahami teks melalui membaca
intensif, membaca nyaring, dan membaca pantun
|
7.1
Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif
|
SK pada buku kurang lengkap seperti
yang terdapat dalam KTSP.
|
8.
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk
pengumuman
|
8.1
Menulis pengumuman dengan bahasa yang baik dan benar serta memperhatikan
penggunaan ejaan
|
8.
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk
karangan, pengumuman, dan pantun anak
|
8.2
Menulis pengumuman dengan bahasa yang baik dan benar serta memperhatikan
penggunaan ejaan
|
SK pada buku kurang lengkap seperti
yang terdapat dalam KTSP. Dan penomeran KD pada buku tidak tepat sebagaiman
yang terdapat dalam KTSP seharusnya 8.2.
|
2. Analisis
Tingkat Keterbacaan
Analisis Tingkat
Keterbacaan
|
Buku ini khususnya pada pelajaran 3.
Teknologi Sederhana, tingkat keterbacaan sudah sesuai dengan tuntutan
kelasnya maupun kurikulumnya. Sebab pada materi ini siswa juga dibekali
dengan contoh maupun petunjuk kerja baik individu maupun kelompok. Sehingga tingkat
kesulitannya sudah disesuaikan dengan anak kelas IV.
|
3. Analisis
Kesesuaian dengan Lingkungannya
Analisis Kesesuaian
dengan Lingkungannya
|
Buku ini khususnya pada pelajaran 3.
Teknologi Sederhana, kesesuaian dengan lingkungan anak menurut analisis saya
sudah sesuai. Sebab pada lingkungan anak yang sekolah di SD N sudah banyak
menggunakan telepon di rumahnya masing-masing dan anak juga sudah pernah
melakukan percakapan ditelepon. Dan begitu juga pada materi pesan berantai
pun sudah sesuai dengan lingkungan anak, dimana anak juga sudah pernah diberi
tugas oleh orang tua untuk menyampaikan pesan pada tetangga atau orang
disekitarnya. Ataupun materi membaca intensif dengan teks bacaan “remote
control alami”, alat dan bahan yang terdapat pada teks tersebut anak sudah
mengenal dan terdapat dilingkungannya.
|
4. Analisis
Fisik Buku
Analisis Fisik Buku
|
|||
Ukuran Buku
|
Warna Buku
|
Ukuran Tulisan
|
Gambar Buku
|
Ukuran buku sudah ideal dan juga tidak
terlalu berat untuk dibawa oleh anak sd kelas IV.
|
Warna bukupun cukup menarik, dimana
terdapat perpaduan beberapa warna seperti hitam, merah (tidak terlalu
terang).
|
Ukuran tulisan sudah sesuai atau ideal
jika dibaca pada jarak 30 cm masih dapat terbaca terutama bagi siswa kelas
IV.
|
Gambar pada buku kurang berwarna hanya
menggunakan warna gelap seperti hitam dan putih.
Dan sebaiknya menggunakan perpaduan
beberapa warna yang relevan dengan objek yang tergambar dalam buku.
|
D. Pelajaran
4. Pendidikan
1. Analisis
Kesesuaian Buku Teks Dengan Kurikulum
Buku Teks
|
Buku Kurikulum “KTSP”
|
Hasil Analisis
|
||
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
5.Mendengarkan
pantun
|
5.1
Menirukan pembacaan pantun anak dengan lafal dan intonasi yang tepat.
|
5.
Mendengarkan pengumuman dan pembacaan pantun
|
5.2 Menirukan pembacaan pantun anak dengan lafal
dan intonasi yang tepat.
|
SK pada buku kurang lengkap seperti
yang terdapat pada KTSP. Dan penomeran KD pada buku tidak tepat sebagaimana
yang terdapat dalam KTSP seharusnya 5.2.
|
6.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui berbalas pantun
|
6.2
Berbalas pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat
|
6.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berbalas pantun dan
telepon
|
6.1
Berbalas pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat
|
SK pada buku kurang lengkap seperti
yang terdapat dalam KTSP. Dan penomeran KD pada buku tidak tepat sebagaimana
yang terdapat dalam KTSP seharusnya 6.1.
|
7.
Membaca teks melalui membaca intensif
|
7.1
Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif
|
7.
Memahami teks melalui membaca
intensif, membaca nyaring, dan membaca pantun
|
7.1
Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif
|
SK pada buku kurang lengkap seperti
yang terdapat dalam KTSP.
|
8.
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk
pantun anak
|
8.1
Membuat pantun anak yang menarik tentang ketekunan.
|
8.
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk
karangan, pengumuman, dan pantun anak
|
8.3
Membuat pantun anak yang menarik tentang berbagai tema (persahabatan,
ketekunan, kepatuhan, dll) sesuai dengan ciri-ciri pantun
|
SK dan KD pada buku kurang lengkap
seperti yang terdapat dalam KTSP. Dan pada penomeran KD pada buku juga salah
seharusnya 8.3.
|
2. Analisis
Tingkat Keterbacaan
Analisis Tingkat
Keterbacaan
|
Buku ini khususnya pada pelajaran 4.
Pendidikan, tingkat keterbacaan sudah sesuai dengan tuntutan kelasnya maupun
kurikulumnya. Sebab pada materi ini siswa juga dibekali dengan contoh maupun
petunjuk kerja baik individu maupun kelompok. Sehingga tingkat kesulitannya
sudah disesuaikan dengan anak kelas IV.
|
3. Analisis
Kesesuaian dengan Lingkungannya
Analisis Kesesuaian
dengan Lingkungannya
|
Buku ini khususnya pada pelajaran 4.
Pendidikan, kesesuaian dengan lingkungan anak menurut analisis saya sudah
sesuai.
|
4. Analisis
Fisik Buku
Analisis Fisik Buku
|
|||
Ukuran Buku
|
Warna Buku
|
Ukuran Tulisan
|
Gambar Buku
|
Ukuran buku sudah ideal dan juga tidak
terlalu berat untuk dibawa oleh anak sd kelas IV.
|
Warna bukupun cukup menarik, dimana
terdapat perpaduan beberapa warna seperti hitam, merah (tidak terlalu
terang).
|
Ukuran tulisan sudah sesuai atau ideal
jika dibaca pada jarak 30 cm masih dapat terbaca terutama bagi siswa kelas
IV.
|
Gambar pada buku kurang berwarna hanya
menggunakan warna gelap seperti hitam dan putih.
Dan sebaiknya menggunakan perpaduan
beberapa warna yang relevan dengan objek yang tergambar dalam buku.
|
E. Pelajaran
5. Koperasi
1. Analisis
Kesesuaian Buku Teks dengan Buku Kurikulum “KTSP”
Buku Teks
|
Buku Kurikulum “KTSP”
|
Hasil Analisis
|
||
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
5.Mendengarkan
pengumuman
|
5.1
Menyampaikan kembali isi pengumuman yang dibacakan
|
5.
Mendengarkan pengumuman dan pembacaan pantun
|
5.1
Menyampaikan kembali isi pengumuman yang dibacakan
|
SK pada buku kurang lengkap seperti
yang terdapat pada KTSP.
|
6.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui bertelepon
|
6.2
Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon sesuai dengan isi pesan
|
6.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berbalas pantun dan
telepon
|
6.2
Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon sesuai dengan isi pesan
|
SK pada buku kurang lengkap seperti
yang terdapat dalam KTSP.
|
7.
Membaca teks melalui membaca intensif
|
7.1
Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif
|
7.
Memahami teks melalui membaca
intensif, membaca nyaring, dan membaca pantun
|
7.1
Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif
|
SK pada buku kurang lengkap seperti
yang terdapat dalam KTSP.
|
8.
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi
|
8.1
Menulis pengumuman dengan bahasa yang dan benar serta memperhatikan
penggunaan ejaan
|
8.
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk
karangan, pengumuman, dan pantun anak
|
8.2
Menulis pengumuman dengan bahasa yang baik dan benar serta memperhatikan
penggunaan ejaan
|
SK pada buku kurang lengkap seperti
yang terdapat dalam KTSP. Dan penomeran KD pada buku tidak tepat sebagaiman
yang terdapat dalam KTSP seharusnya 8.2.
|
2. Analisis
Tingkat Keterbacaan
Analisis Tingkat
Keterbacaan
|
Buku ini khususnya pada pelajaran 5.
Koperasi, tingkat keterbacaan sudah sesuai dengan tuntutan kelasnya maupun
kurikulumnya. Sebab pada materi ini siswa juga dibekali dengan contoh maupun
petunjuk kerja. Sehingga tingkat kesulitannya sudah disesuaikan dengan anak
kelas IV.
|
3. Analisis
Kesesuaian dengan Lingkungan
Analisis Kesesuaian
dengan Lingkungannya
|
Buku ini khususnya pada pelajaran 5.
Koperasi, kesesuaian dengan lingkungan anak menurut analisis saya sudah
sesuai.
|
4. Analisis
Fisik Buku
Analisis Fisik Buku
|
|||
Ukuran Buku
|
Warna Buku
|
Ukuran Tulisan
|
Gambar Buku
|
Ukuran buku sudah ideal dan juga tidak
terlalu berat untuk dibawa oleh anak sd kelas IV.
|
Warna bukupun cukup menarik, dimana
terdapat perpaduan beberapa warna seperti hitam, merah (tidak terlalu
terang).
|
Ukuran tulisan sudah sesuai atau ideal
jika dibaca pada jarak 30 cm masih dapat terbaca terutama bagi siswa kelas
IV.
|
Gambar pada buku kurang berwarna hanya
menggunakan warna gelap seperti hitam dan putih.
Dan sebaiknya menggunakan perpaduan
beberapa warna yang relevan dengan objek yang tergambar dalam buku.
|
F. Pelajaran
6. Kesehatan
1. Analisis
Kesesuaian Buku Teks dengan Buku Kurikulum “KTSP”
Buku Teks
|
Buku Kurikulum “KTSP”
|
Hasil Analisis
|
||
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
5.Mendengarkan
pengumuman
|
5.1
Menyampaikan kembali isi pengumuman yang dibacakan
|
5.
Mendengarkan pengumuman dan pembacaan pantun
|
5.1
Menyampaikan kembali isi pengumuman yang dibacakan
|
SK pada buku kurang lengkap seperti
yang terdapat dalam KTSP.
|
6.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui bertelepon
|
6.2
Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon sesuai dengan isi pesan
|
6.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berbalas pantun dan
telepon
|
6.2
Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon sesuai dengan isi pesan
|
SK pada buku kurang lengkap seperti
yang terdapat dalam KTSP.
|
7.
Membaca teks melalui membaca intensif
|
7.1
Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif
|
7.
Memahami teks melalui membaca intensif, membaca nyaring, dan membaca pantun
|
7.1
Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif
|
SK pada buku kurang
lengkap seperti yang terdapat dalam KTSP.
|
8.
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk
karangan
|
8.1
Menyusun karangan tentang berbagai topic sederhana dengan memperhatikan
penggunaan ejaan (huruf kapital dan tanda baca)
|
8.
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk
karangan¸ pengumuman, dan pantun anak
|
8.1
Menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan
penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma,
dan lain-lain)
|
SK pada buku kurang lengkap seperti
yang terdapat dalam KTSP. Dan juga pada KD ada perubahan pada penulisan huruf kapital padahal dalam KTSP huruf
besar.
|
2. Analisis
Tingkat Keterbacaan
Analisis Tingkat
Keterbacaan
|
Buku ini khususnya pada pelajaran 6.
Kesehatan, tingkat keterbacaan sudah sesuai dengan tuntutan kelasnya maupun
kurikulumnya. Sebab pada materi ini siswa juga dibekali dengan contoh maupun
petunjuk kerja. Sehingga tingkat kesulitannya sudah disesuaikan dengan anak
kelas IV.
|
3. Analisis
Kesesuaian dengan Lingkungan
Analisis Kesesuaian
dengan Lingkungannya
|
Buku ini khususnya pada pelajaran 6.
Kesehatan, kesesuaian dengan lingkungan anak menurut analisis saya sudah
sesuai.
|
4. Analisis
Fisik Buku
Analisis Fisik Buku
|
|||
Ukuran Buku
|
Warna Buku
|
Ukuran Tulisan
|
Gambar Buku
|
Ukuran buku sudah ideal dan juga tidak
terlalu berat untuk dibawa oleh anak sd kelas IV.
|
Warna bukupun cukup menarik, dimana
terdapat perpaduan beberapa warna seperti hitam, merah (tidak terlalu
terang).
|
Ukuran tulisan sudah sesuai atau ideal
jika dibaca pada jarak 30 cm masih dapat terbaca terutama bagi siswa kelas
IV.
|
Gambar pada buku kurang berwarna hanya
menggunakan warna gelap seperti hitam dan putih.
Dan sebaiknya menggunakan perpaduan
beberapa warna yang relevan dengan objek yang tergambar dalam buku.
|
G. Pelajaran
7. Transmigrasi
1. Analisis
Kesesuaian Buku Teks dengan Buku Kurikulum “KTSP”
Buku Teks
|
Buku Kurikulum “KTSP”
|
Hasil Analisis
|
||
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
5.Mendengarkan
pantun
|
5.1
Menirukan pembacaan pantun anak dengan lafal dan intonasi yang tepat.
|
5.
Mendengarkan pengumuman dan pembacaan pantun
|
5.2
Menirukan pembacaan pantun anak dengan lafal dan intonasi yang tepat.
|
SK pada buku kurang lengkap seperti
yang terdapat pada KTSP. Dan penomeran KD pada buku tidak tepat sebagaimana
yang terdapat dalam KTSP dan seharusnya 5.2
|
6.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi
|
6.2
Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon
|
6.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berbalas pantun dan
telepon
|
6.2
Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon sesuai dengan isi pesan
|
SK dan KD pada buku kurang lengkap
seperti yang terdapat dalam KTSP.
|
7.
Membaca teks melalui membaca intensif
|
7.1
Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif
|
7.
Memahami teks melalui membaca
intensif, membaca nyaring, dan membaca pantun
|
7.1
Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif
|
SK pada buku kurang lengkap seperti
yang terdapat dalam KTSP.
|
8.
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk
pengumuman
|
8.1
Menulis pengumuman dengan bahasa yang dan benar serta memperhatikan
penggunaan ejaan
|
8.
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk
karangan, pengumuman, dan pantun anak
|
8.2
Menulis pengumuman dengan bahasa yang baik dan
benar serta memperhatikan penggunaan ejaan
|
SK pada buku kurang lengkap seperti
yang terdapat dalam KTSP. Dan penomeran KD pada buku tidak tepat sebagaiman
yang terdapat dalam KTSP seharusnya 8.2.
|
2. Analisis
Tingkat Keterbacaan
Analisis Tingkat
Keterbacaan
|
Buku ini khususnya pada pelajaran 7.
Transmigrasi, tingkat keterbacaan sudah sesuai dengan tuntutan kelasnya
maupun kurikulumnya. Sebab pada materi ini siswa juga dibekali dengan contoh
maupun petunjuk kerja baik individu maupun kelompok. Sehingga tingkat kesulitannya
sudah disesuaikan dengan anak kelas IV.
|
3. Analisis
Kesesuaian dengan Lingkungan
Analisis Kesesuaian
dengan Lingkungannya
|
Buku ini khususnya pada pelajaran 7.
Transmigrasi, kesesuaian dengan lingkungan anak menurut analisis saya sudah
sesuai.
|
4. Analisis
Fisik Buku
Analisis Fisik Buku
|
|||
Ukuran Buku
|
Warna Buku
|
Ukuran Tulisan
|
Gambar Buku
|
Ukuran buku sudah ideal dan juga tidak
terlalu berat untuk dibawa oleh anak sd kelas IV.
|
Warna bukupun cukup menarik, dimana
terdapat perpaduan beberapa warna seperti hitam, merah (tidak terlalu
terang).
|
Ukuran tulisan sudah sesuai atau ideal
jika dibaca pada jarak 30 cm masih dapat terbaca terutama bagi siswa kelas
IV.
|
Gambar pada buku kurang berwarna hanya
menggunakan warna gelap seperti hitam dan putih.
Dan sebaiknya menggunakan perpaduan
beberapa warna yang relevan dengan objek yang tergambar dalam buku.
|
No comments:
Post a Comment