Friday 24 February 2017

Analisis Buku Teks dengan Kurikulum “KTSP” Bahasa Indonesia Kelas Tinggi



Analisis Buku Teks dengan Kurikulum “KTSP” Bahasa Indonesia Kelas Tinggi

Satuan Pendidikan                  : Sekolah Dasar Negeri
Kelas/ Semester                       : IV/ 2
Buku Pelajaran                : Tim Bina Karya Guru “Bina Bahasa Indonesia untuk SD kelas IV Semester 2”
A.    Pelajaran 1. Kegemaran
1.      Analisis Kesesuaian Buku Teks Dengan Kurikulum
Buku Teks
Buku Kurikulum “KTSP”
Hasil Analisis
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
5.Mendengarkan Pengumuman
5.1 Menyampaikan kembali isi pengumuman yang dibacakan
5. Mendengarkan pengumuman dan pembacaan pantun
5.1 Menyampaikan kembali isi pengumuman yang dibacakan
SK pada buku kurang lengkap seperti yang terdapat dalam KTSP.
6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui telepon
6.2 Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon
6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui telepon
6.2 Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon sesuai dengan isi pesan
KD pada buku kurang lengkap seperti yang terdapat dalam KTSP.
7. Memahami teks melalui membaca intensif
7.1 Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif
7. Memahami teks melalui membaca intensif
7.1 Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif
Sudah sesuai sk dan KDNya .
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk karangan sederhana
8.1 Menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf kapital, tanda titik, tanda koma, dan lain-lain)
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk karangan¸ pengumuman, dan pantun anak
8.1 Menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dan lain-lain)
SK pada buku kurang lengkap seperti yang terdapat dalam KTSP. Dan juga pada KD ada perubahan pada penulisan huruf kapital padahal dalam KTSP huruf besar.

2.      Analisis Tingkat Keterbacaan
Analisis Tingkat Keterbacaan
Buku ini khususnya pada pelajaran 1. Kegemaran, tingkat keterbacaan sudah sesuai dengan tuntutan kelasnya maupun kurikulumnya. Sebab pada materi ini siswa juga dibekali dengan contoh maupun petunjuk kerja baik individu maupun kelompok. Sehingga tingkat kesulitannya sudah disesuaikan dengan anak kelas IV.

3.      Analisis Kesesuaian dengan Lingkungannya
Analisis Kesesuaian dengan Lingkungannya
Buku ini khususnya pada pelajaran 1. Kegemaran, kesesuaian dengan lingkungan anak menurut analisis saya sudah sesuai. Sebab pada lingkungan anak yang sekolah di SD N sudah banyak menggunakan telepon di rumahnya masing-masing. Dan begitu juga pada materi menulis karangan dengan mengamati rangkaian gambar dan dibuku gambar membuat layang-layang. Dan di lingkungan anak juga sudah sering bermain serta tahu membuat layang-layang, sebab di lingkungan mereka juga ada perlombaan layang-layang.

4.      Analisis Fisik Buku
Analisis Fisik Buku
Ukuran Buku
Warna Buku
Ukuran Tulisan
Gambar Buku
Ukuran buku sudah ideal dan juga tidak terlalu berat untuk dibawa oleh anak sd kelas IV.
Warna bukupun cukup menarik, dimana terdapat perpaduan beberapa warna seperti hitam, merah (tidak terlalu terang).
Ukuran tulisan sudah sesuai atau ideal jika dibaca pada jarak 30 cm masih dapat terbaca terutama bagi siswa kelas IV.
Gambar pada buku kurang berwarna hanya menggunakan warna gelap seperti hitam dan putih.
Dan sebaiknya menggunakan perpaduan beberapa warna yang relevan dengan objek yang tergambar dalam buku.

B.     Pelajaran 2. Disiplin
1.      Analisis Kesesuaian Buku Teks Dengan Kurikulum
Buku Teks
Buku Kurikulum “KTSP”
Hasil Analisis
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
5.Menirukan pembacan pantun anak dengan lafal dan intonasi yang tepat
5.1 Menirukan pembacaan pantun anak dengan lafal dan intonasi yang tepat
5. Mendengarkan pengumuman dan pembacaan pantun
5.2 Menirukan pembacaan pantun anak dengan lafal dan intonasi yang tepat
SK pada buku sangat berbeda dengan yang ada pada KTSP. Dan penomoran KD pada buku juga salah seharusnya 5.2.
6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui telepon
6.2 Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon
6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berbalas pantun dan telepon
6.2 Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon sesuai dengan isi pesan
SK dan KD pada buku kurang lengkap seperti yang terdapat dalam KTSP.
7. Memahami teks melalui membaca pantun
7.1 Membaca pantun anak secara berbalasan dengan lafal dan intonasi yang tepat
7. Memahami teks melalui  membaca intensif, membaca nyaring, dan membaca pantun
7.3 Membaca pantun anak secara berbalasan dengan lafal dan intonasi yang tepat
SK pada buku kurang lengkap seperti yang terdapat dalam KTSP. Dan pada penomeran KD pada buku juga salah seharusnya 7.3.
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk pantun anak
8.1 Membuat pantun anak yang menarik tentang kepatuhan sesuai dengan ciri-ciri pantun
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk karangan, pengumuman, dan pantun anak
8.3 Membuat pantun anak yang menarik tentang berbagai tema (persahabatan, ketekunan, kepatuhan, dll) sesuai dengan ciri-ciri pantun
SK dan KD pada buku kurang lengkap seperti yang terdapat dalam KTSP. Dan pada penomeran KD pada buku juga salah seharusnya 8.3.

2.      Analisis Tingkat Keterbacaan
Analisis Tingkat Keterbacaan
Buku ini khususnya pada pelajaran 2. Disiplin, tingkat keterbacaan sudah sesuai dengan tuntutan kelasnya maupun kurikulumnya. Sebab pada materi ini siswa juga dibekali dengan contoh maupun penjelasan dengan menggunakan kata-kata yang sederhana. Sehingga tingkat kesulitannya sudah disesuaikan dengan anak kelas IV.

3.      Analisis Kesesuaian dengan Lingkungannya
Analisis Kesesuaian dengan Lingkungannya
Buku ini khususnya pada pelajaran 2. Displin, kesesuaian dengan lingkungan anak menurut analisis saya sudah sesuai. Sebab pada lingkungan anak yang sekolah di SD N sudah banyak menggunakan telepon di rumahnya masing-masing dan anak juga sudah pernah melakukan percakpan ditelepon. Dan begitu juga pada materi pantun, pada lingkungan anak sudah sering mengenal pantun contohnya saja pada saat acara adat.


4.      Analisis Fisik Buku
Analisis Fisik Buku
Ukuran Buku
Warna Buku
Ukuran Tulisan
Gambar Buku
Ukuran buku sudah ideal dan juga tidak terlalu berat untuk dibawa oleh anak sd kelas IV.
Warna bukupun cukup menarik, dimana terdapat perpaduan beberapa warna seperti hitam, merah (tidak terlalu terang).
Ukuran tulisan sudah sesuai atau ideal jika dibaca pada jarak 30 cm masih dapat terbaca terutama bagi siswa kelas IV.
Gambar pada buku kurang berwarna hanya menggunakan warna gelap seperti hitam dan putih.
Dan sebaiknya menggunakan perpaduan beberapa warna yang relevan dengan objek yang tergambar dalam buku.

C.     Pelajaran 3. Teknologi Sederhana
1.      Analisis Kesesuaian Buku Teks Dengan Kurikulum
Buku Teks
Buku Kurikulum “KTSP”
Hasil Analisis
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

5.Mendengarkan Pengumuman
5.1 Menyampaikan kembali isi pengumuman yang dibacakan
5. Mendengarkan pengumuman dan pembacaan pantun
5.1 Menyampaikan kembali isi pengumuman yang dibacakan
SK pada buku kurang lengkap seperti yang terdapat pada KTSP.
6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui telepon
6.2 Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon
6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berbalas pantun dan telepon
6.2 Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon sesuai dengan isi pesan
SK dan KD pada buku kurang lengkap seperti yang terdapat dalam KTSP.
7. Membaca teks melalui membaca intensif
7.1 Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif
7. Memahami teks melalui  membaca intensif, membaca nyaring, dan membaca pantun
7.1 Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif
SK pada buku kurang lengkap seperti yang terdapat dalam KTSP.
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk pengumuman
8.1 Menulis pengumuman dengan bahasa yang baik dan benar serta memperhatikan penggunaan ejaan
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk karangan, pengumuman, dan pantun anak
8.2 Menulis pengumuman dengan bahasa yang baik dan benar serta memperhatikan penggunaan ejaan
SK pada buku kurang lengkap seperti yang terdapat dalam KTSP. Dan penomeran KD pada buku tidak tepat sebagaiman yang terdapat dalam KTSP seharusnya 8.2.

2.      Analisis Tingkat Keterbacaan
Analisis Tingkat Keterbacaan
Buku ini khususnya pada pelajaran 3. Teknologi Sederhana, tingkat keterbacaan sudah sesuai dengan tuntutan kelasnya maupun kurikulumnya. Sebab pada materi ini siswa juga dibekali dengan contoh maupun petunjuk kerja baik individu maupun kelompok. Sehingga tingkat kesulitannya sudah disesuaikan dengan anak kelas IV.

3.      Analisis Kesesuaian dengan Lingkungannya
Analisis Kesesuaian dengan Lingkungannya
Buku ini khususnya pada pelajaran 3. Teknologi Sederhana, kesesuaian dengan lingkungan anak menurut analisis saya sudah sesuai. Sebab pada lingkungan anak yang sekolah di SD N sudah banyak menggunakan telepon di rumahnya masing-masing dan anak juga sudah pernah melakukan percakapan ditelepon. Dan begitu juga pada materi pesan berantai pun sudah sesuai dengan lingkungan anak, dimana anak juga sudah pernah diberi tugas oleh orang tua untuk menyampaikan pesan pada tetangga atau orang disekitarnya. Ataupun materi membaca intensif dengan teks bacaan “remote control alami”, alat dan bahan yang terdapat pada teks tersebut anak sudah mengenal dan terdapat dilingkungannya.

4.      Analisis Fisik Buku
Analisis Fisik Buku
Ukuran Buku
Warna Buku
Ukuran Tulisan
Gambar Buku
Ukuran buku sudah ideal dan juga tidak terlalu berat untuk dibawa oleh anak sd kelas IV.
Warna bukupun cukup menarik, dimana terdapat perpaduan beberapa warna seperti hitam, merah (tidak terlalu terang).
Ukuran tulisan sudah sesuai atau ideal jika dibaca pada jarak 30 cm masih dapat terbaca terutama bagi siswa kelas IV.
Gambar pada buku kurang berwarna hanya menggunakan warna gelap seperti hitam dan putih.
Dan sebaiknya menggunakan perpaduan beberapa warna yang relevan dengan objek yang tergambar dalam buku.

D.    Pelajaran 4. Pendidikan
1.      Analisis Kesesuaian Buku Teks Dengan Kurikulum
Buku Teks
Buku Kurikulum “KTSP”
Hasil Analisis
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

5.Mendengarkan pantun
5.1 Menirukan pembacaan pantun anak dengan lafal dan intonasi yang tepat.
5. Mendengarkan pengumuman dan pembacaan pantun
5.2  Menirukan pembacaan pantun anak dengan lafal dan intonasi yang tepat.
SK pada buku kurang lengkap seperti yang terdapat pada KTSP. Dan penomeran KD pada buku tidak tepat sebagaimana yang terdapat dalam KTSP seharusnya 5.2.
6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui berbalas pantun
6.2 Berbalas pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat
6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berbalas pantun dan telepon
6.1 Berbalas pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat
SK pada buku kurang lengkap seperti yang terdapat dalam KTSP. Dan penomeran KD pada buku tidak tepat sebagaimana yang terdapat dalam KTSP seharusnya 6.1.
7. Membaca teks melalui membaca intensif
7.1 Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif
7. Memahami teks melalui  membaca intensif, membaca nyaring, dan membaca pantun
7.1 Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif
SK pada buku kurang lengkap seperti yang terdapat dalam KTSP.
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk pantun anak
8.1 Membuat pantun anak yang menarik tentang ketekunan.

8. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk karangan, pengumuman, dan pantun anak
8.3 Membuat pantun anak yang menarik tentang berbagai tema (persahabatan, ketekunan, kepatuhan, dll) sesuai dengan ciri-ciri pantun
SK dan KD pada buku kurang lengkap seperti yang terdapat dalam KTSP. Dan pada penomeran KD pada buku juga salah seharusnya 8.3.

2.      Analisis Tingkat Keterbacaan
Analisis Tingkat Keterbacaan
Buku ini khususnya pada pelajaran 4. Pendidikan, tingkat keterbacaan sudah sesuai dengan tuntutan kelasnya maupun kurikulumnya. Sebab pada materi ini siswa juga dibekali dengan contoh maupun petunjuk kerja baik individu maupun kelompok. Sehingga tingkat kesulitannya sudah disesuaikan dengan anak kelas IV.

3.      Analisis Kesesuaian dengan Lingkungannya
Analisis Kesesuaian dengan Lingkungannya
Buku ini khususnya pada pelajaran 4. Pendidikan, kesesuaian dengan lingkungan anak menurut analisis saya sudah sesuai.

4.      Analisis Fisik Buku
Analisis Fisik Buku
Ukuran Buku
Warna Buku
Ukuran Tulisan
Gambar Buku
Ukuran buku sudah ideal dan juga tidak terlalu berat untuk dibawa oleh anak sd kelas IV.
Warna bukupun cukup menarik, dimana terdapat perpaduan beberapa warna seperti hitam, merah (tidak terlalu terang).
Ukuran tulisan sudah sesuai atau ideal jika dibaca pada jarak 30 cm masih dapat terbaca terutama bagi siswa kelas IV.
Gambar pada buku kurang berwarna hanya menggunakan warna gelap seperti hitam dan putih.
Dan sebaiknya menggunakan perpaduan beberapa warna yang relevan dengan objek yang tergambar dalam buku.

E.     Pelajaran 5. Koperasi
1.      Analisis Kesesuaian Buku Teks dengan Buku Kurikulum “KTSP”
Buku Teks
Buku Kurikulum “KTSP”
Hasil Analisis
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

5.Mendengarkan pengumuman
5.1 Menyampaikan kembali isi pengumuman yang dibacakan
5. Mendengarkan pengumuman dan pembacaan pantun
5.1 Menyampaikan kembali isi pengumuman yang dibacakan
SK pada buku kurang lengkap seperti yang terdapat pada KTSP.
6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui bertelepon
6.2 Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon sesuai dengan isi pesan
6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berbalas pantun dan telepon
6.2 Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon sesuai dengan isi pesan
SK pada buku kurang lengkap seperti yang terdapat dalam KTSP.
7. Membaca teks melalui membaca intensif
7.1 Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif
7. Memahami teks melalui  membaca intensif, membaca nyaring, dan membaca pantun
7.1 Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif
SK pada buku kurang lengkap seperti yang terdapat dalam KTSP.
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi
8.1 Menulis pengumuman dengan bahasa yang dan benar serta memperhatikan penggunaan ejaan

8. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk karangan, pengumuman, dan pantun anak
8.2 Menulis pengumuman dengan bahasa yang baik dan benar serta memperhatikan penggunaan ejaan
SK pada buku kurang lengkap seperti yang terdapat dalam KTSP. Dan penomeran KD pada buku tidak tepat sebagaiman yang terdapat dalam KTSP seharusnya 8.2.

2.      Analisis Tingkat Keterbacaan
Analisis Tingkat Keterbacaan
Buku ini khususnya pada pelajaran 5. Koperasi, tingkat keterbacaan sudah sesuai dengan tuntutan kelasnya maupun kurikulumnya. Sebab pada materi ini siswa juga dibekali dengan contoh maupun petunjuk kerja. Sehingga tingkat kesulitannya sudah disesuaikan dengan anak kelas IV.

3.      Analisis Kesesuaian dengan Lingkungan
Analisis Kesesuaian dengan Lingkungannya
Buku ini khususnya pada pelajaran 5. Koperasi, kesesuaian dengan lingkungan anak menurut analisis saya sudah sesuai.

4.      Analisis Fisik Buku
Analisis Fisik Buku
Ukuran Buku
Warna Buku
Ukuran Tulisan
Gambar Buku
Ukuran buku sudah ideal dan juga tidak terlalu berat untuk dibawa oleh anak sd kelas IV.
Warna bukupun cukup menarik, dimana terdapat perpaduan beberapa warna seperti hitam, merah (tidak terlalu terang).
Ukuran tulisan sudah sesuai atau ideal jika dibaca pada jarak 30 cm masih dapat terbaca terutama bagi siswa kelas IV.
Gambar pada buku kurang berwarna hanya menggunakan warna gelap seperti hitam dan putih.
Dan sebaiknya menggunakan perpaduan beberapa warna yang relevan dengan objek yang tergambar dalam buku.

F.      Pelajaran 6. Kesehatan
1.      Analisis Kesesuaian Buku Teks dengan Buku Kurikulum “KTSP”
Buku Teks
Buku Kurikulum “KTSP”
Hasil Analisis
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
5.Mendengarkan pengumuman
5.1 Menyampaikan kembali isi pengumuman yang dibacakan
5. Mendengarkan pengumuman dan pembacaan pantun
5.1 Menyampaikan kembali isi pengumuman yang dibacakan
SK pada buku kurang lengkap seperti yang terdapat dalam KTSP.
6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui bertelepon
6.2 Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon sesuai dengan isi pesan
6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berbalas pantun dan telepon
6.2 Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon sesuai dengan isi pesan
SK pada buku kurang lengkap seperti yang terdapat dalam KTSP.
7. Membaca teks melalui membaca intensif
7.1 Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif
7. Memahami teks melalui membaca intensif, membaca nyaring, dan membaca pantun
7.1 Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif
SK pada buku kurang lengkap seperti yang terdapat dalam KTSP.
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk karangan
8.1 Menyusun karangan tentang berbagai topic sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf kapital dan tanda baca)

8. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk karangan¸ pengumuman, dan pantun anak
8.1 Menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dan lain-lain)
SK pada buku kurang lengkap seperti yang terdapat dalam KTSP. Dan juga pada KD ada perubahan pada penulisan huruf kapital padahal dalam KTSP huruf besar.

2.      Analisis Tingkat Keterbacaan
Analisis Tingkat Keterbacaan
Buku ini khususnya pada pelajaran 6. Kesehatan, tingkat keterbacaan sudah sesuai dengan tuntutan kelasnya maupun kurikulumnya. Sebab pada materi ini siswa juga dibekali dengan contoh maupun petunjuk kerja. Sehingga tingkat kesulitannya sudah disesuaikan dengan anak kelas IV.

3.      Analisis Kesesuaian dengan Lingkungan
Analisis Kesesuaian dengan Lingkungannya
Buku ini khususnya pada pelajaran 6. Kesehatan, kesesuaian dengan lingkungan anak menurut analisis saya sudah sesuai.

4.      Analisis Fisik Buku
Analisis Fisik Buku
Ukuran Buku
Warna Buku
Ukuran Tulisan
Gambar Buku
Ukuran buku sudah ideal dan juga tidak terlalu berat untuk dibawa oleh anak sd kelas IV.
Warna bukupun cukup menarik, dimana terdapat perpaduan beberapa warna seperti hitam, merah (tidak terlalu terang).
Ukuran tulisan sudah sesuai atau ideal jika dibaca pada jarak 30 cm masih dapat terbaca terutama bagi siswa kelas IV.
Gambar pada buku kurang berwarna hanya menggunakan warna gelap seperti hitam dan putih.
Dan sebaiknya menggunakan perpaduan beberapa warna yang relevan dengan objek yang tergambar dalam buku.

G.    Pelajaran 7. Transmigrasi
1.      Analisis Kesesuaian Buku Teks dengan Buku Kurikulum “KTSP”
Buku Teks
Buku Kurikulum “KTSP”
Hasil Analisis
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

5.Mendengarkan pantun
5.1 Menirukan pembacaan pantun anak dengan lafal dan intonasi yang tepat. 
5. Mendengarkan pengumuman dan pembacaan pantun
5.2 Menirukan pembacaan pantun anak dengan lafal dan intonasi yang tepat. 
SK pada buku kurang lengkap seperti yang terdapat pada KTSP. Dan penomeran KD pada buku tidak tepat sebagaimana yang terdapat dalam KTSP dan seharusnya 5.2
6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi
6.2 Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon
6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berbalas pantun dan telepon
6.2 Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon sesuai dengan isi pesan
SK dan KD pada buku kurang lengkap seperti yang terdapat dalam KTSP.
7. Membaca teks melalui membaca intensif
7.1 Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif
7. Memahami teks melalui  membaca intensif, membaca nyaring, dan membaca pantun
7.1 Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif
SK pada buku kurang lengkap seperti yang terdapat dalam KTSP.
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk pengumuman
8.1 Menulis pengumuman dengan bahasa yang dan benar serta memperhatikan penggunaan ejaan

8. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk karangan, pengumuman, dan pantun anak
8.2 Menulis pengumuman dengan bahasa yang baik dan benar serta memperhatikan penggunaan ejaan
SK pada buku kurang lengkap seperti yang terdapat dalam KTSP. Dan penomeran KD pada buku tidak tepat sebagaiman yang terdapat dalam KTSP seharusnya 8.2.


2.      Analisis Tingkat Keterbacaan
Analisis Tingkat Keterbacaan
Buku ini khususnya pada pelajaran 7. Transmigrasi, tingkat keterbacaan sudah sesuai dengan tuntutan kelasnya maupun kurikulumnya. Sebab pada materi ini siswa juga dibekali dengan contoh maupun petunjuk kerja baik individu maupun kelompok. Sehingga tingkat kesulitannya sudah disesuaikan dengan anak kelas IV.

3.      Analisis Kesesuaian dengan Lingkungan
Analisis Kesesuaian dengan Lingkungannya
Buku ini khususnya pada pelajaran 7. Transmigrasi, kesesuaian dengan lingkungan anak menurut analisis saya sudah sesuai.

4.      Analisis Fisik Buku
Analisis Fisik Buku
Ukuran Buku
Warna Buku
Ukuran Tulisan
Gambar Buku
Ukuran buku sudah ideal dan juga tidak terlalu berat untuk dibawa oleh anak sd kelas IV.
Warna bukupun cukup menarik, dimana terdapat perpaduan beberapa warna seperti hitam, merah (tidak terlalu terang).
Ukuran tulisan sudah sesuai atau ideal jika dibaca pada jarak 30 cm masih dapat terbaca terutama bagi siswa kelas IV.
Gambar pada buku kurang berwarna hanya menggunakan warna gelap seperti hitam dan putih.
Dan sebaiknya menggunakan perpaduan beberapa warna yang relevan dengan objek yang tergambar dalam buku.


No comments:

Post a Comment