SKENARIO PEMBELAJARAN SENI TARI
Judul : KUCING
Tema :
KUCING
Alur :
3 : 1.
Berjalan
2. Mengaung.
3. Berlari
Metoda : 1. Kinestetik
2. Visual
3. Auditif
Materi : 1. Bahasa Indonesia ( Bercerita
Memelihara Hewan )
2. Matematika (
Penjumlahan )
3. Ilmu Pengetahuan
Alam (IPA) ( Mengenal Bagian-bagian anggota Tubuh Hewan)
Media :
1. Lirik Lagu Malu Sama Kucing.
2. Gambar Kucing.
A. Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan awal
a.
Guru mengucapkan salam
Guru : “Assalamualaikum warahmatullahi
wabarakatuh”
Siswa : “Wa’alaikumsalam warahmatullahi
wabarakatuh”
Guru : “Selamat pagi anak-anak..”
Siswa : “Selamat pagi buk…”
b.
Guru mengkondisikan
kelas (merapikan meja dan kursi, berdoa, absensi, menyiapkan alat/bahan/media
pembelajaran) untuk siap belajar
Guru : “Bagaimana kabarnya anak-anak?”
Siswa : “Alhamdulillah, luar biasa, allahuakbar”
Guru : “Nah, coba lihat kanan-kiri
depan-belakangnya, kalau belum rapi tolong dirapikan ya anak-anak. Jika ada
sampah yang berserakan juga tolong dibuang ke tempat sampah ya anak-anak”
Siswa : “Iya buk”
Guru : “Sebelum kita memulai pelajaran, marilah
kita berdoa terlebih dahulu”
Siswa : (semua siswa berdoa)
Guru : “Nah, semoga dengan berdoa nya kita
dapat memperlancar proses belajar-mengajar kita pada hari ini”
Guru : “Ibu absen terlebih dahulu ya . Nah, diantara
anak-anak ibuk siapa yang tidak hadir hari ini?..”
Siswa : (mendengarkan absensi). Hadir semua buk.
c.
Apersepsi
( tanya jawab, memotivasi, bernyanyi, gambar)
Guru : “Anak-anak ibu, semuanya sudah siap untuk
belajar?”
Siswa : “Siap buk”
Guru : “ Nah, sebelum kita memulai pelajaran anak-anak
ibu sudah tau kan lagu malu sama kucing?
Siswa : “Kalau, sudah tau.
Guru : Sebelumnya ibu akan menyanyikannya
terlebih dahulu ya anak-anak.
Siswa : Iya buk
Guru
: Guru menyanyikan lagu malu sama
kucing.
Guru
:
Nah, sekarang mari kita nyanyikan lagu malu sama kucing dengan tepuk tangan
secara bersama-sama “.
(Siswa
dan guru bersama menyanyikan lagu malu sama kucing)
Guru : (menuliskan tanggal di papan tulis)
Guru :“Nah,
sekarang ibu mau tanya, siapa yang sudah pernah melihat kucing?”
Siswa : (menjawab)
Guru :
“Ya, apa yang anak-anak lihat dari
kucing tersebut ?”
Siswa : “Warnnaya putih dan lucu bu”
Guru :
“Ya, bagus. Sekarang ibu mau tanya lagi.
Dari anak-anak ibu siapa yang pernah memelihara ?”
Siswa :”
Saya bu, (siswa menjawab secara serentak)
Guru :
“Ya, bagus. Apa yg anak-anak ibu lakukan ketika memelihara kucing itu?’
Siswa : “ Kita harus memberi makan dan memberi susu supaya kucingnya
sehat bu dan kita harus memandikan kucing setiap hari bu’.
Guru :
“ iya, betul sekali nak.
d. Guru menyampaikan inti
tujuan pembelajaran.
Guru : “ Nah, sekarang siapa yang tahu hari ini
kita akan belajar apa?”.
Siswa : (menjawab
pertanyaan guru)
“ Tentang kucing, buk “.
Guru :
“Apakah ada jawaban yang lain?”
Siswa :
“Ada buk”
Guru :
“Iya, apa nak?”
Siswa :
“Tentang Tari kucing bu”
Guru : “ Iya benar sekali. Hari ini kita akan
belajar mengenai tari kucing .Ibu harap dalam pelajaran kita ini, anak-anak ibu
mengetahui bagaimana cara menari dengan gerakan kucing dan suara kucing“
Siswa :” Iya, bu”
2. Kegiatan
Inti
1)
Guru menampilkan
gambar di depan kelas
Guru : “Nah, coba perhatikan
gambar yang ibu tampilkan. Ini
ada beberapa contoh gambar yang berkaitan dengan pembelajaran kita hari ini.”
Siswa : “ Iya bu”.
2)
Siswa bersama guru
bertanya jawab mengenai gambar yang ditampilkan di
depan kelas
Guru : Coba perhatikan,
gambar apa saja yang ada di depan, anak-anak?”
Siswa
: (menjawab)
Guru : Siapa
yang tahu apa saja ciri-ciri dari gambar
tersebut?
Siswa :
Memiliki 4 mata dan 2 mata,buk.
Guru : “
Nah, apabila ibu ada 2 kucing. Jadi berapa jumalah kaki kucing ibu?
Siswa : Ada 8 buk
Guru : Kenapa ada 8 nak?
Siswa : Karna jumlah kaki satu ekor kucing itu ada
4 bu, jadi 4+4 = 8 buk.
Guru : Iya, betul sekali nak. Tepuk tangan untuk
kita semua.
Siswa
: ( Tepuk tangan)
Guru : Nah, apabila ibu ada 2 kucing. Jadi berapa
mata kucing ibu nak?
Siswa : Ada 4 buk.
Guru : Iya, betul sekali. (Tepuk tangan untuk
kita semua).
Siswa : ( serentak tepuk tangan ).
Guru : Bagaimana
cara memelihara kucing nak?
Siswa : Kita harus memberi makan dan memberi susu supaya
kucingnya sehat bu dan kita harus memandikan kucing setiap hari bu’.
Guru : Iya betul sekali.
Guru : “Nah, coba perhatikan
gambar . Seperti anak-anak ibu lihat di depan ada kucing. Sekarang siapa anak-anak
ibu yang tahu apa saja bagian-bagian anggota tubuh dari kucing?”
Siswa : (menjawab serentak)
Guru : “Nah, coba tiara
apa saja bagian-bagian anggota tubuh kucing
itu?”
(menunjukkan salah seorang siswa)
Siswa : (menjawab)
Guru : “Ya, bagus. Apakah ada jawaban lain?”
Siswa : (menjawab)
Guru : “Ya, bagus. Coba widya ulangi jawaban teman-teman tadi?”
Siswa : (menjawab)
Guru : “Ya, bagus.” (menjelaskan materi)
Guru : “Nah, anak-anak ibu sebelumnya kan sudah pernah mempelajari
mengenai ciri-ciri hewan. Sekarang ibu mau tanya lagi, siapa yang tau bagaimana ciri-ciri dari hewan
kucing tersebut?”
Siswa : Saya bu (
siswa tunjuk tangan )
Kucing memiliki 4 kaki,
memiliki 2 mata, memiliki bulu yang halus dan tebal bu.
Guru : “Ya, bagus. Apakah ada jawaban lain?”
Siswa : Tidak buk.
Guru : “Ya, benar jawaban teman-teman kita
tersebut. Nah, coba perhatikan gambar hewan kucing di depan. Kaki pada hewan kucing ada 4 bu, memiliki 2 mata, memiliki
bulu yang halus dan tebal bu. Seperti yang sudah dijawab oleh teman kita tadi.Paham
nak?”
Siswa : “Paham, buk”
Guru : “Nah, sekarang ibu akan bertanya lagi. Apa
fungsi kaki,
mata, dan bulu yang halus dan tebal kucing tersebut?”
Siswa : (menjawab)
Guru : “Ya, bagus. Fungsi dari kaki kucing
adalah untuk berjalan, mata kucing gunanya untuk melihat, dan bulu yang halus
dan tebal fungsinya
untuk melindungi tubuhnya . Paham, nak?”
Siswa : ‘Paham, buk”
Guru : “Baiklah, coba perhatikan gambar selanjutnya. Apa yang
dilakukan kucing
tersebut? (menunjuk salah satu siswa)
Siswa : “ Kucing yang sedang duduk buk”.
Guru :” Iya, bagus sekali. Nah sekarang diantara
anak-anak ibu siapa yang tahu bagaimana kucing berjalan?
Siswa : “Siswa memperagakan gerakan”.
Guru : Iya bagus sekali. Nah, selanjutnya siapa
yang tahu bagaimana suara kucing yang sedang mara?”
Siswa : “ Saya bu ( siswa melakukan gerakan)
Guru : Iya betul sekali. Nah, selanjutakan siapa
anak-anak ibu yang tahu bagaimana kucing berlari?
Siswa : “Saya bu,( siswa memperagakan gerakan)”.
Guru :” Nah, tadikan sudah kita peragakan gerakan
kucing berjalan dan mengaung. Bagaimana gerakan kucing berjalan sambil mengaung
anak-anak ibu?”
Siswa
: “(siswa memperagakan gerakan)”.
Guru : “Nah, sekarang coba siapa yang mau
memperagakan bagaimana kegiatan kucing
berjalan sambil berlari
anak-anak ibu?”
Siswa : (memperagakan gerak)
Guru : “Ya, hebat anak-anak ibuk. Beri tepuk
tangan kepada teman kita”
Siswa : (bertepuk tangan)
Guru :”Nah, setelah kucingnya berjalan sambil mengaung dan kucing berjalan
sambil berlari. Mari kita dengar lagu malu sama kucing untuk mengiringi gerakan
yang kita buat tadi ya anak-anak ibu”.
Siswa : Iya, buk.
Guru : (”Guru dan mendengarkan lagu malu sama
kucing”).
Guru : “Sekarang mari kita cobakan gerakan berjalan sambil mengaung yang sudah kita peragakan sebelumnya diikuti
dengan hitungan 1x8”
Siswa : (memperagakan gerakan)
Guru : “Kemudian, ikuti gerakan selanjutnya yaitu gerakan berjlan sambil berlari diikuti dengan
hitungan 1x8.”
Siswa : (memperagakan gerakan)
(Siswa
mengikuti instruksi guru)
Guru : Ya, bagus. Nah, masih ingat anak-anak ibu
gerakan dari awal sampai akhir tadi?”
Siswa : Masih bu.
Guru : “Ya, mari kita cobakan gerakan dari awal
sampai akhir ya anak-anak
.”
Siswa : (memperagakan gerakan)
3)
Guru memberikan penjelasan
dan meluruskan jawaban siswa yang kurang tepat
4)
Siswa diminta untuk
duduk kembali ketempat masing-masing
Guru : “Ya, beri tepuk tangan kepada kita semua”
Siswa : (bertepuk tangan)
Guru : “Sekarang, kembali ke tempat duduknya masing-masing dan boleh istirahat
sejenak”
5)
Siswa yang tampil
mendapat penghargaan secara verbal dari guru
Guru : “Nah, karena kita semua sudah berani
tampil ke depan kelas. Ibu akan beri hadiah”
3. Kegiatan Penutup
1) Guru memberi penguatan tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Guru : ”Nah, anak-anak ibuk siapa yang ingin
bertanya mengenai pelajaran kita hari ini?
Siswa : ”Tidak ada bu.”
2) Siswa
dan guru menyimpulkan materi pembelajaran
Guru : “Nah, kalau tidak ada. Anak-anak ibuk siapa yang mau
menyimpulkan pelajaran pada hari ini?”
Siswa : Saya bu ( siswa tunjuk tangan)
Guru : “Ya, bagus. Nah, coba ulangi kembali
kesimpulan dari pelajaran kita hari ini?”
(menunjuk siswa lain)
3) Guru memberi penguatan tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Guru : ”Ya, bagus. Beri tepuk tangan kepada teman kita. (Guru
memberi penguatan terhadap materi yang disimpulkan)
4) Guru
memberikan tindak lanjut
Guru : “Baiklah, kita cukupkan pelajaran kita
pada hari ini, Selanjutnya, ibu
akan
membentuk anak-anak ibu menjadi beberapa kelompok dan tugasnya membuat
gerakan untuk tarian”
Siswa : “Baik buk…”
5) Menutup
pelajaran
Guru :
“Sebelum kita menutup
pelajaran ini, mari kita baca doa terlebih dahulu”
Siswa : (berdoa)
Guru : “Assalamualaikum warahmatullahi
wabarakatuh”
Siswa : “Walaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh”
Gambar:
No comments:
Post a Comment