RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Tema : Globalisasi
Model : Webbed
Kelas/Semester : IV/II
Alokasi Waktu : 2 x Pertemuan (6x35 menit)
- Standar Kompetensi
Bahasa Indonesia
Membaca
7. Memahami teks melalui
membaca intensif, membaca nyaring, dan membaca pantun
IPS
2. Mengenal sumber daya alam,
kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan
provinsi
IPA
11. Memahami hubungan antara
sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyrakat.
PKn
4. Menunjukkan sikap terhadap
globalisasi di lingkungannya
- Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
7.1 Menemukan kalimat utama
pada tiap paragraf melalui membaca intensif
IPS
2.3 Mengenal perkembangan teknologi produksi
komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya
PKn
4.1 Memberikan contoh sederhana pengaruh globalisai di
lingkungannya
- Indi kator
Bahasa Indonesia
7.1. 1 Mengidentifikasi kalimat utama pada setiap
paragraf
7.1. 2 Menjelaskan arti kata-kata sukar dari teks
7.1. 3 Menulis ringkasan dari teks
IPS
2.3.1 Menyebutkan pengertian teknologi
2.3.2 Mengelompokkan jenis-jenis transportasi
2.3.3 Membedakan jenis transportasi masa lalu dan
masa kini
PKn
4.1.1 Menyebutkan pengertian
globalisasi
4.1. 2 Menyebutkan pengaruh globalisasi di lingkungan
4.1.4 Mencontohkan sikap terhadap pengaruh globalisasi di lingkungan
- Tujuan Pembelajaran
1. Dengan penjelasan dari guru, siswa dapat
menyebutkan pengertian teknologi transportasi dengan tepat
2. Dengan diskusi, siswa dapat mengelompokkan
jenis-jenis transportasi dengan tepat
3. Dengan penjelasan dari guru, siswa dapat membedakan
jenis transportasi masa lalu dan masa kini dengan tepat
4.
Dengan penjelasan dari guru, siswa dapat menyebutkan
pengertian globalisasi dengan tepat.
5.
Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan
pengaruh globalisasi di lingkungan dengan tepat
6.
Dengan tanya jawab, siswa dapat mencontohkan sikap terhadap
pengaruh globalisasi di lingkungan dengan tepat
7.
Dengan tanya jawab, siswa dapat
mengidentifikasi kalimat utama pada setiap paragraf dengan tepat
8.
Dengan diskusi menjelaskan arti
kata-kata sukar dari teks dengan tepat
9.
Dengan penugasan, siswa dapat menulis ringkasan dari teks
dengan tepat
- Materi Pembelajaran
1. Membaca
intensif untuk menemukan kalimat utama dalam paragraf
2.
Perkembangan
teknologi transportasi darat, air, udara pada masa lalu dan masa sekarang
3.
Pengaruh globalisasi di
lingkungan
4.
Sikap terhadap pengaruh
globalisasi di lingkungan
- Media, Metode
dan Model
1. Media
a. Rekaman lagu “Naik Delman”
b. Gambar transportasi masa lalu dan masa kini
2. Metode : Demonstrasi, Diskusi,
Tanya Jawab, Penugasan
3. Model : tipe Think Pair Share
Langkah-langkah model
kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) menurut Suherman, Erman (2004:22)
adalah sebagai berikut :
a.
Guru
menyajikan materi secara klasikal.
b.
Berikan
persoalan (problem) berupa pendalaman, perluasan, dan aplikasi.
c.
Tugaskan
siswa secara berpasangan untuk membahasnya (Think
Pair).
d.
Presentasikan
hasil kelompok (Share).
e.
Kuis
individual buat skor perkembangan tiap siswa.
f.
Umumkan
hasil kuis.
- Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan ( 10 menit)
a. Guru
mengkondisikan kelas (merapikan meja dan kursi, berdoa, absensi, menyiapkan alat/bahan/media
pembelajaran) untuk siap belajar.
b. Apersepsi ( tanya jawab, memotivasi, bernyanyi, gambar)
c. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. (tahap 1: menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa)
2. Kegiatan Inti ( menit)
a. Eksplorasi
1)
Siswa bersama
guru bertanya jawab mengenai gambar yang dipajang di
depan kelas
2)
Siswa bersama
guru bertanya jawab mengenai gambar tersebut
3)
Siswa
mendengarkan informasi yang disampaikan guru mengenai
gambar tersebut (tahap 2)
b. Elaborasi
1)
Siswa membentuk kelompok
(mencari pasangan) (tahap 3)
2)
Siswa
diberikan diberikan LKS
3)
Siswa
dibimbing oleh guru dalam mengerjakan LKS (tahap 4)
c. Konfirmasi
1)
Siswa diminta untuk menampilkan hasil diskusinya (tahap
5: evaluasi)
2)
Siswa diminta untuk duduk kembali ketempat masing-masing
3)
Guru
teks bacaan pada siswa untuk mengidentifikasi kata-kata sukar pada bacaan
4)
siswa
mencari kalimat utama pada paragraf teks yang dibaca
5)
Siswa diminta untuk menulis ringkasan dari teks yang
dibaca dengan menggunakan kata-kata sendiri di bukunya
6)
Siswa yang tampil mendapat penghargaan secara verbal dari
guru (tahap 6: memberikan penghargaan)
3.
Kegiatan
Penutup (15 menit)
a.
Guru memberi penguatan tentang pembelajaran yang telah diikuti.
b.
Siswa dan guru
menyimpulkan materi pembelajaran
c.
Menutup
pelajaran
- Sumber Belajar
1.
Kaswan
Darmadi dan Rita Nirbaya. 2008. Bahasa Indonesia 4. Jakarta: Depdiknas.
2.
Retno.2008.
Cerdas Pengetahuan Sosial.Jakarta:
Depdiknas
3.
Prayoga dan
Ati. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan:
Menjadi waraga negara yang baik. Jakarta: Depdiknas
4.
Majalah/koran/media elektronik
- Evaluasi
1.
Afektif
1. Prosedur
tes : Proses dan akhir
2. Bentuk
tes : Unjuk kerja
3. Alat tes : Rubrik (terlampir)
2.
Kognitif
a.
Prosedur tes : Akhir
b.
Bentuk tes : Tertulis
c.
Alat
tes : Soal (terlampir)
3.
Psikomotor
a.
Prosedur tes : Proses dan akhir
b.
Bentuk tes : Fortofolio
c.
Alat
tes : Rubrik (terlampir)
MATERI
Teknologi
Transportasi
1.
Transportasi Darat
Sarana angkutan melalui
jalan darat disebut transportasi darat. Angkutan darat dibedakan menjadi dua
jenis, yaitu bermesin dan tidak bermesin. Angkutan tidak bermesin bersifat
tradisional. Berlangsung sejak dahulu. Misalnya, sepeda, becak, delman,
gerobak, dan sebagainya. Transportasi yang tidak menggunakan mesin umumnya
menggunakan hewan. Hewan-hewan itu biasanya hewan besar, seperti kuda, sapi,
unta dan sebagainya.
Angkutan
darat yang menggunakan mesin bersifat modern. Harganya lebih mahal. Daya angkut
lebih cepat. Contohnya, sepeda motor, mobil, bus, kereta api, dan sebagainya.
Kereta api merupakan angkutan darat. Kereta dapat mengangkut penumpang dan
barang dalam jumlah besar. Kereta api pertama dibuat di Inggris oleh Stephenson
tahun 1825. Perusahaan kereta api di Indonesia didirikan tahun 1878. Industri kereta api Indonesia (INKA) di Madiun (Jawa Timur). Kereta api mengalami kemajuan teknologi. Jenis
kereta api ada dua, yaitu kereta api listrik dan kereta api batu bara.
2.
Transportasi Laut
Transportasi laut ada
yang bermesin dan tidak bermesin. Contoh tidak bermesin, seperti perahu dayung,
kapal layar, dan sebagainya. Adapun yang bermesin adalah kapal laut. Kapal laut
ada yang berukuran besar dan kecil. Kapal yang besar dapat mengangkut bus,
truk, dan sebagainya. Perakitan kapal di dalam negeri, yaitu PT PAL di Surabaya
(Jawa Timur). Adapun PT Pelni merupakan perusahaan pemerintah yang mengelola
transportasi laut.
3.
Transportasi Udara
Pelabuhan udara
(bandara) terdapat di kota-kota besar. Transportasi udara di Indonesia telah berkembang. Angkutan udara lebih
mahal dibandingkan angkutan lainnya. Waktu tempuh angkutan udara lebih cepat. Angkutan udara di Indonesia ditangani oleh
Departemen Perhubungan RI. Penerbangan yang diusahakan pemerintah, yaitu Garuda
Indonesia. Adapun penerbangan swasta adalah Mandala, Batavia,
Lion, dan sebagainya. Industri pesawat terbang Indonesia terdapat di Bandung
(Jawa Barat). Selain pesawat alat transportasi udara lainnya adalah helikopter.
Helikopter daya angkutnya lebih kecil. Helikopter dapat menjangkau daerah
terpencil yang sulit ditempuh jalan darat. Oleh karena itu, adanya angkutan
udara dapat mempermudah komunikasi dalam kehidupan manusia.
Lampiran
LEMBAR PENILAIAN SIKAP (AFEKTIF)
No
|
Nama
|
Perilaku
|
Score
|
Nilai
|
|||||||||||
Bekerja sama
|
Berinisiatif
|
Penuh Perhatian
|
Teliti
|
||||||||||||
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
||||
1
|
|||||||||||||||
2
|
|||||||||||||||
3
|
|||||||||||||||
4
|
|||||||||||||||
5
|
|||||||||||||||
6
|
|||||||||||||||
7
|
|||||||||||||||
8
|
|||||||||||||||
9
|
|||||||||||||||
10
|
|||||||||||||||
11
|
|||||||||||||||
12
|
|||||||||||||||
13
|
|||||||||||||||
14
|
|||||||||||||||
15
|
|||||||||||||||
16
|
|||||||||||||||
17
|
|||||||||||||||
18
|
|||||||||||||||
19
|
Lampiran
LEMBAR PENILAIAN KOGNITIF
Nama :
No absen :
Kelas :
- Sebutkan tiga contoh sarana transportasi yang
digunakan oleh manusia!
- Sebutan masing-masing empat kelemahan dan
kelebihan teknologi transportasi masa lalu dan masa sekarang!
- Jelaskan manfaat alat transportasi bagi
manusia!
- Jelaskan masing-masing perbedaan sarana
transportasi pada masa lalu dan masa kini!
- Sebutkan masing-masing lima ciri alat
transportasi masa lalu dan masa sekarang!
Kunci
Jawaban Tes Akhir
- Mobil, becak, sepeda motor, bis, pesawat
terbang, kereta api, kapal laut
- Kelebihan kekurangan
No
|
Masa Lalu
|
Masa Sekarang
|
||
Kelebihan
|
Kelemahan
|
Kelebihan
|
Kelemahan
|
|
1
|
Tidak
mengeluarkan polusi
|
Cepat
rusak
|
Bisa
cepat jalannya
|
Mengeluarkan
polusi
|
2
|
Aman
digunakan
|
Tidak
bisa cepat jalannya
|
Praktis
|
Banyak
mengeluarkan biaya perawatan
|
3
|
Tidak
perlu latihan
|
Kurang
diminatu
|
Bisa
tepat waktu
|
Mahal
|
4
|
Tidak
perlu menyiapkan tempat khusus
|
Barangnya
terbatas
|
Nyaman
digunakan
|
Harus
mencari dulu dan mungkin pesa
|
5
|
Tidak
banyak biaya untuk perawatan
|
Perlu
menyiapkan tempat khusus
|
||
6
|
Tidak
bergantung pada suku cadang
|
- Manfaat transportasi menjadi tiga klasifikasi
yaitu:
a. Manfaat Ekonomi
Kegiatan ekonomi bertujuan memenuhi kebutuhan manusia dengan menciptakan manfaat. Transportasi adalah salah satu jenis kegiatan yang menyangkut peningkatan kebutuhan manusia dengan mengubah letak geografis barang dan orang sehingga akan menimbulkan adanya transaksi.
Kegiatan ekonomi bertujuan memenuhi kebutuhan manusia dengan menciptakan manfaat. Transportasi adalah salah satu jenis kegiatan yang menyangkut peningkatan kebutuhan manusia dengan mengubah letak geografis barang dan orang sehingga akan menimbulkan adanya transaksi.
b. Manfaat Sosial
Transportasi menyediakan berbagai kemudahan, diantaranya a) pelayanan untuk perorangan atau kelompok, b) pertukaran atau penyampaian informasi, c) Perjalanan untuk bersantai, d) Memendekkan jarak, e) Memencarkan penduduk.
Transportasi menyediakan berbagai kemudahan, diantaranya a) pelayanan untuk perorangan atau kelompok, b) pertukaran atau penyampaian informasi, c) Perjalanan untuk bersantai, d) Memendekkan jarak, e) Memencarkan penduduk.
c. Manfaat Politis
Transportasi menciptakan persatuan, pelayanan lebih luas, keamanan negara, mengatasi bencana, dll.
Transportasi menciptakan persatuan, pelayanan lebih luas, keamanan negara, mengatasi bencana, dll.
d. Manfaat
Kewilayahan
Memenuhi kebutuhan penduduk di kota, desa, atau pedalaman
Memenuhi kebutuhan penduduk di kota, desa, atau pedalaman
- Darat, laut dan udara
a. Transportasi
darat
Masyarakat pada masa lalu menggunakan alat transportasi yang masih sederhana. Sebelum ditemukan mesin, alat transportasi seperti pedati, delman, dan kuda merupakan alat transportasi andalan. Teknologi transportasi tersebut masih menggunakan tenaga hewan dan manusia. Kemampuan jelajahnya juga masih sangat terbatas dan memerlukan waktu yang lama. Sekarang orang masih menggunakan alat transportasi tersebut namun tidak menjadi alat utama. Seringkali kuda dan delman digunakan sebagai sarana rekreasi saja.
Masyarakat pada masa lalu menggunakan alat transportasi yang masih sederhana. Sebelum ditemukan mesin, alat transportasi seperti pedati, delman, dan kuda merupakan alat transportasi andalan. Teknologi transportasi tersebut masih menggunakan tenaga hewan dan manusia. Kemampuan jelajahnya juga masih sangat terbatas dan memerlukan waktu yang lama. Sekarang orang masih menggunakan alat transportasi tersebut namun tidak menjadi alat utama. Seringkali kuda dan delman digunakan sebagai sarana rekreasi saja.
b. Transportasi
air
Masyarakat pada masa lalu menggunakan alat transportasi air seperti perahu dayung, rakit, dan perahu layar. Perahu dayung dan rakit digerakkan oleh kekuatan tenaga manusia. Sedangkan perahu layar digerakkan oleh tenaga angin dan tenaga manusia. Seiring dengan ditemukannya mesin bermotor, masyarakat kini menggunakan perahu bermotor dan kapal sebagai alat transportasi air. Kapal-kapal modern dapat mengangkut barang berton-ton serta dapat menempuh jarak yang sangat jauh. Bahkan kini sebuah kapal besar dapat digunakan sebagai landasan pesawat tempur. Kapal ini dinamakan kapal induk
Masyarakat pada masa lalu menggunakan alat transportasi air seperti perahu dayung, rakit, dan perahu layar. Perahu dayung dan rakit digerakkan oleh kekuatan tenaga manusia. Sedangkan perahu layar digerakkan oleh tenaga angin dan tenaga manusia. Seiring dengan ditemukannya mesin bermotor, masyarakat kini menggunakan perahu bermotor dan kapal sebagai alat transportasi air. Kapal-kapal modern dapat mengangkut barang berton-ton serta dapat menempuh jarak yang sangat jauh. Bahkan kini sebuah kapal besar dapat digunakan sebagai landasan pesawat tempur. Kapal ini dinamakan kapal induk
c. Transportasi
udara
Kamu tentu pernah melihat pesawat terbang, baik secara langsung maupun
lewat televisi. Pesawat terbang merupakan angkutan udara yang sangat canggih.
Perjalanan pesawat terbang lebih cepat dibandingkan dengan angkutan darat atau
angkutan laut. Sekarang terdapat berbagai jenis alat angkutan udara antara lain
helikopter, pesawat tempur serta pesawat penumpang. Bahkan kini manusia dapat
menjelajah luar angkasa dengan menggunakan pesawat luar angkasa.
- Jawab:
Ciri-Ciri Transportasi Masa Lalu
|
Ciri-Ciri Transportasi Masa Sekarang
|
·
Tidak
mengelurakan polusi
|
·
Mengeluarkan
polusi
|
·
Tidak
banyak biaya untuk perawatan
|
·
Banyak
mengeluarkan biaya perawatan
|
·
Mudah
didapatkan
|
·
Harus
mencari dulu dan mungkin pesan
|
·
Tidak
bergantung pada tenaga ahli
|
·
Bergantung
pada tenaga ahli
|
·
Tidak
bisa cepat jalannya
|
·
Bisa
cepat jalannya
|
·
Tidak
bergantung pada suku cadang
|
·
Bergantung
pada suku cadang
|
·
Tidak
perlu menyiapkan tempat
|
·
Perlu
menyiapkan tempat khusus
|
Lampiran
LEMBAR
FORTOFOLIO
(PSIKOMOTOR)
No
|
Nama
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
||||||||
Ketepatan
|
Kerapian
|
Ketelitian
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
1
2
3
4
5
|
Kriteria Penilaian
Skor maksimum = 90
Lampiran
LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS)
Nama Kelompok :
1.
2.
Kelas :
Hari/Tgl :
A. Tujuan
Untuk mengetahui
perbedaan serta kelebihan dan kekurangan dari perkembangan teknologi transportasi pada masa lalu dan masa sekarang.
B. Alat dan
bahan
· Alat
- Alat
tulis
- Lem
-
Kertas plano
· Bahan
- Berbagai macam gambar teknologi transportasi masa
lalu dan masa sekarang
C. Cara Kerja
1. Amatilah dari setiap gambar-gambar tersebut.
2. Kelompokkan berbagai macam gambar teknologi
transportasi tersebut berdasarkan jenisnya pada kertas plano yang disediakan
gurumu.
3. Rekatkan masing-masing gambar tersebut pada tabel
tersebut sesuai diskusi dan berdasarkan jenisnya.
4. Diskusikan bersama kelompokmu bandingkan
berdasarkan perkembangan alat teknologi transportasi pada masa lalu dan masa
kini
Perkembangan Teknologi
Transportasi
No
|
Alat
Transportasi
Masa
Lalu
|
Alat
Transportasi
Masa
Sekarang
|
1
|
||
2
|
||
3
|
||
4
|
||
5
|
5. Diskusikan bersama kelompokmu keunggulan dan
kelemahan dari setiap perkembangan teknologi transportasi masa lalu dan masa
kini.
Perkembangan Teknologi Transportasi
No
|
Masa
Lalu
|
Masa
Sekarang
|
||
Kelebihan
|
Kelemahan
|
Kelebihan
|
Kelemahan
|
|
1
|
||||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
||||
5
|
KUNCI JAWABAN LKS
1.
Mengelompokkan
berbagai gambar berdasarkan waktu perkembangannya.
a) Perkembangan
Teknologi Transportasi
No
|
Perkembangan
Transportasi
Masa
Lalu
|
Perkembangan
Transportasi
Masa
Sekarang
|
1
|
||
2
|
||
3
|
||
4
|
||
5
|
2.
Kelebihan dan Kekurangan Perkembangan Teknologi
a. Perkembangan
Teknologi Transportasi
No
|
Masa
Lalu
|
Masa
Sekarang
|
||
Kelebihan
|
Kelemahan
|
Kelebihan
|
Kelemahan
|
|
1
|
Tidak mengeluarkan polusi
|
Cepat rusak
|
Bisa cepat jalannya
|
Mengeluarkan polusi
|
2
|
Aman digunakan
|
Tidak bisa cepat jalannya
|
Praktis
|
Banyak mengeluarkan biaya perawatan
|
3
|
Tidak perlu latihan
|
Kurang diminati
|
Bisa tepat waktu
|
Mahal
|
4
|
Tidak perlu menyiapkan tempat khusus
|
Barangnya terbatas
|
Nyaman digunakan
|
Harus mencari dulu dan mungkin pesa
|
5
|
Tidak banyak biaya untuk perawatan
|
Perlu menyiapkan tempat khusus
|
||
6
|
Tidak bergantung pada suku cadang
|
No comments:
Post a Comment