LK
2.1 (BUKU GURU)
Kelas : V (Lima)
Tema : 2. Peristiwa
dalam Kehidupan
Subtema : 1. Macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan
MUATAN LOKAL
|
KD
|
PEMBELAJARAN
|
KETERANGAN
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
PPKn
|
1.1
|
Pada mata pelajaran PPKn:
KD 3.4 dan 4.3 muncul pada pembelajaran 2,4, dan 6
|
||||||
1.2
|
||||||||
2.1
|
||||||||
2.2
|
||||||||
2.3
|
||||||||
2.4
|
||||||||
3.1
|
||||||||
3.2
|
||||||||
3.3
|
||||||||
3.4
|
√
|
√
|
√
|
|||||
3.5
|
||||||||
3.6
|
||||||||
4.1
|
||||||||
4.2
|
||||||||
4.3
|
||||||||
4.4
|
||||||||
4.5
|
||||||||
4.6
|
||||||||
Bahasa Indonesia
|
1.1
|
|||||||
1.2
|
||||||||
2.1
|
||||||||
2.2
|
||||||||
2.3
|
||||||||
2.4
|
||||||||
2.5
|
||||||||
3.1
|
||||||||
3.2
|
||||||||
3.3
|
||||||||
3.4
|
||||||||
3.5
|
||||||||
4.1
|
||||||||
4.2
|
||||||||
4.3
|
√
|
√
|
√
|
|||||
4.4
|
||||||||
4.5
|
||||||||
Matematika
|
2.1
|
|||||||
2.2
|
||||||||
2.3
|
||||||||
2.4
|
||||||||
2.5
|
||||||||
2.6
|
||||||||
3.1
|
||||||||
3.2
|
||||||||
3.3
|
||||||||
3.4
|
||||||||
3.5
|
||||||||
3.6
|
||||||||
3.7
|
||||||||
3.8
|
||||||||
3.9
|
||||||||
3.10
|
||||||||
3.11
|
||||||||
3.12
|
||||||||
3.13
|
||||||||
3.14
|
||||||||
3.15
|
||||||||
3.16
|
||||||||
3.17
|
||||||||
4.1
|
||||||||
4.2
|
||||||||
4.3
|
||||||||
4.4
|
||||||||
4.5
|
||||||||
4.6
|
||||||||
4.7
|
||||||||
4.8
|
||||||||
3.9
|
||||||||
3.10
|
||||||||
3.11
|
||||||||
3.12
|
||||||||
3.13
|
||||||||
3.14
|
||||||||
3.15
|
||||||||
3.16
|
||||||||
3.17
|
||||||||
IPA
|
1.1
|
|||||||
2.1
|
||||||||
2.2
|
||||||||
3.1
|
||||||||
3.2
|
||||||||
3.3
|
||||||||
3.4
|
||||||||
3.5
|
||||||||
3.6
|
||||||||
3.7
|
||||||||
4.1
|
||||||||
4.2
|
||||||||
4.3
|
||||||||
4.4
|
||||||||
4.5
|
||||||||
4.6
|
||||||||
4.7
|
||||||||
IPS
|
1.1
|
|||||||
1.2
|
||||||||
1.3
|
||||||||
2.1
|
||||||||
2.2
|
||||||||
2.3
|
||||||||
3.1
|
||||||||
3.2
|
||||||||
3.3
|
||||||||
3.4
|
||||||||
3.5
|
||||||||
4.1
|
||||||||
4.2
|
||||||||
4.3
|
||||||||
4.4
|
||||||||
4.5
|
||||||||
SBdP
|
1.1
|
|||||||
2.1
|
||||||||
2.2
|
||||||||
2.3
|
||||||||
3.1
|
||||||||
3.2
|
||||||||
3.3
|
||||||||
3.4
|
||||||||
3.5
|
||||||||
3.6
|
||||||||
4.1
|
||||||||
4.2
|
||||||||
4.3
|
||||||||
4.4
|
||||||||
4.5
|
||||||||
4.6
|
||||||||
4.7
|
||||||||
4.9
|
||||||||
4.10
|
||||||||
4.11
|
||||||||
4.12
|
||||||||
4.13
|
||||||||
4.14
|
||||||||
4.15
|
||||||||
4.16
|
||||||||
4.17
|
||||||||
PJOK
|
1.1
|
|||||||
1.2
|
||||||||
2.1
|
||||||||
2.2
|
||||||||
3.1
|
||||||||
3.2
|
||||||||
3.3
|
||||||||
3.4
|
||||||||
4.1
|
||||||||
4.2
|
||||||||
4.3
|
||||||||
4.4
|
||||||||
4.5
|
||||||||
4.6
|
||||||||
4.7
|
LK
2.1 (BUKU SISWA)
PB 1
|
PB 2
|
PB 3
|
PB 4
|
PB 5
|
PB 6
|
|
KI
1
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
KI
2
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
KI
3
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
KI
4
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
LK.
2.2a ANALISIS INDIKATOR
Kelas : V (Lima)
Tema : 2. Peistiwa dalam Kehidupan
Subtema : 1. Macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan
Pembelajaran : 4
Kompetensi Dasar
|
Indikator pada Buku
|
Indikator Hasil Analisis
|
IPS
3.1
Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas
antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial,
ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional
4.1
Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan
manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya
dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional
dari sumbersumber yang tersedia
|
3.1.1
Menjelaskan pengertian
manusia
dalam konteks
keruangan
dan kewilayahan
dalam
aspek sosial,
ekonomi dan pendidikan
4.1.1 Menyusun
laporan secara
tertulis
tentang manusia dalam konteks keruangan dan kewilayahan dalam aspek sosial,
ekonomi , pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional
|
3.1.1 Menjelaskan pengertian
manusia
dalam konteks
keruangan
dalam aspek sosial,
3.1.2 Menjelaskan pengertian manusia dalam konteks
keruangan dalam aspek ekonomi.
3.1.3. Menjelaskan pengertian manusia dalam konteks
keruangan dalam bidang pendidikan.
3.1.4 Menjelaskan pengertian manusia dalam konteks
kewilayahan dalam aspek sosial.
3.1.5 Menjelaskan pengertian manusia dalam konteks
kewilayahan dalam bidang ekonomi
3.1.6 Menjelaskan pengertian
manusia dalam konteks kewilayahan dalam aspek
pendidikan
4.1.1
Menyusun laporan secara tertulis tentang manusia dalam konteks keruangan dan
kewilayahan dalam aspek sosial, ekonomi , pendidikan, dan budaya dalam
lingkup nasional
4.1.2
Melaporkan hasil pengamatan mengenai manusia dalam konteks keruangan dan
kewilayahan dalam aspek sosial, ekonomi , pendidikan, dan budaya dalam
lingkup nasional
|
PPKN
3.3
Memahami keanekaragaman sosial, budaya dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika di lingkungan rumah sekolah dan masyarakat
4.3
Membantu masyarakat
dalam
melaksanakan suatu
kegiatan
di lingkungan rumah,
sekolah,
dan masyarakat tanpa
membedakan
agama, suku
bangsa, dan sosial ekonomi
|
3.3.1
Menceritakan pola perilaku umum anggota masyarakat (gotong royong, ramah
tamah, sopan santun)
4.3.1
Mengidentifikasi bentuk -bentuk kerja sama yang ada di masyarakat dalam
rangka kerukunan
|
3.3.1
Menyebutkan keanekaragaman sosial, budaya dan ekonomi dalam bhineka tunggal
ika di lingkungan sekolah.
3.3.2
Menyebutkan keanekaragaman sosial, budaya dan ekonomi dalam bhineka tunggal
ika di lingkungan masyarakat.
4.3.1
Melatih bentuk kerja sama yang ada di
rumah.
4.3.2 Melatih
bentuk kerja sama yang ada sekolah
4.3.3
Melatih bentuk kerja sama yang ada di masyarakat.
|
Matematika
3.3
Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol,
informasi yang relevan, dan mengamati pola
4.2
Menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan
penambahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian bilangan satu atau dua
Angka
|
3.3.1
Menyajikan pernyataan
matematika
secara lisan,
tertulis,
dan diagram
4.2.1
Menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan
perkalian
|
3.3.1 Menyelesaikan soal dalam bentuk pemecahan masalah.
4.2.1 Mengulang soal dalam bentuk pemecahan masalah seperti soal cerita.
4.2.2 Menentukan bilangan yang
tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan perkalian
4.2.3 1 Menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang
melibatkan pembagian
|
Bahasa
Indonesia
3.2
Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik,
sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta
sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis
dengan
memilih dan memilah
kosakata baku
4.2
Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik,
sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta
sistem pernapasan secara mandiri
dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
|
3.2.1
Mengidentifikasi peran air dalam bidang industri.
4.2.1
Memberikan alasan pentingnya air dalam bidang industry
|
3.2.1
Menjelaskan peran air dalam bidang
industri.
4.2.1 Memberikan alasan pentingnya air dalam bidang industri
4.2.2
Menceritakan kembali tentang pentingnya air dalam bidang industri
|
Kelas : V (Lima)
Tema : 2. Peistiwa dalam Kehidupan
Subtema : 1. Macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan
Pembelajaran : 3
Kompetensi Dasar
|
Indikator pada Buku
|
Indikator Hasil Analisis
|
PPKN
3.3 Memahami
keanekaragaman sosial, budaya dan ekonomi
dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan rumah sekolah dan masyarakat.
4.3 Membantu masyarakat dalam melaksanakan
suatu
kegiatan di lingkungan rumah,
sekolah, dan masyarakat tanpa membedakan agama, suku bangsa, dan sosial ekonomi.
|
3.3.
Mengidentifikasi
pola perilaku
umum
anggota masyarakat
(gotong royong, ramah
tamah,
sopan santun)
4.3.1Mengidentifikasi
bentuk -bentuk kerja sama yang ada di masyarakat dalam rangka kerukunan
|
3.3.1Mengientifikasi
pola perilaku umum anggota
masyarakat ( gotong royong, ramah tamah, sopan santun ).
3.3.2Menyebutkan
pola perlaku umum anggota masyarakat ( gotong royong ramah tamah, sopan
santun .
4.3.1Melatih bentuk kerja sama yang ada di rumah.
4.3.2 Melatih
bentuk kerja sama yang ada sekolah.
4.3.3 Melatih
bentuk kerja sama yang ada di masyarakat.
|
Matematika
3.3 Memilih
prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis
hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola.
4.4 Menentukan
nilai simbol yang tidak diketahui dalam suatu persamaan.
|
3.3.1Mengenal prosedur pemecahan
masalah yang relevan dan
mengamati pola
4.4.1 Menyusun
laporan tentang nilai
simbol dengan informasi yang
relevan.
|
3.3.1Mengenal prosedur pemecahan masalah dengan
menganalisis hubungan antar simbol.
3.3.2Mengenal prosedur pemecahan
masalah yang relevan dan
mengamati pola
3.3.3Menyelesaikan soal dalam bentuk pemecahan masalah.
4.4.1 Menyusun
laporan tentang nilai
simbol dengan informasi yang
relevan.
|
Bahasa
Indonesia
3.2Menguraikan
isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet,
anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem
pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2 Menyampaikan teks penjelasan tentang proses
daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan,
tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
|
3.2.1 Mengidentifikasi peran air dalam kehidupan
dimasyarakat.
4.2.1 Meneruskan karangan
narasi
tentang
peranan air dalam kehidupan masyarakat
|
3.2.1 Menjelaskan peran air dalam kehidupan dimasyarakat.
4.2.1 Menuliskan karangan
narasi tentang peranan air
dalam kehidupan masyarakat.
4.2.2 Menceritakan karangan
narasi tentang peranan air dalam kehidupan masyarakat.
|
LK
2.2b ANALISIS TUJUAN PEMBELAJARAN
Kelas : V (Lima)
Tema : 2. Peistiwa dalam Kehidupan
Subtema : 1. Macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan
Pembelajaran : 4
Tujuan dalam buku
|
Tujuan hasil analisis
|
1.
Dengan
mencermati bacaan peserta didik dapat mengamati dan menceritakan tempat -
tempat usaha di lingkungan di sekitarnya sebagai contoh kegiatan manusia
konteks keruangan dan kewilayahan dalam aspek sosial, dan ekonomi dengan
teliti.
2.
Dengan menggali informasi dari teks bacaan
peserta didik dapat menceritakan dampak negatif dan positif dari sebuah
kegiatan industri yang merupakan konteks kegiatan manusia dalam aspek ekonomi
dan sosial dengan percaya diri
3.
Dengan
melakukan diskusi secara berkelompok peserta didik dapat mengidentifikasikan
peranan air dalam industri dan menumbuhkan sikap rasa ingin tahunya
4.
Dengan
melakukan debat, peserta didik dapat menjelaskan manfaat dan kerugian sebuah
kegiatan industri bagi masyarakat dalam konteks keruangan dan kewilayahan
dalam aspek sosial, dan ekonomi dengan percaya diri.
5.
Dengan
melakukan debat peserta didik dapat menghargai perbedaan pendapat antar
kelompok yang merupakan contoh nyata dari pola perilaku masyarakat yang
positif dengan tanggung jawab.
6.
Dengan
mengolah informasi dari bacaan, peserta didik dapat menentukan bilangan yang
tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan perkalian
|
1.
Dengan
tanya jawab siswa dapat menjelaskan pengertian dalam konteks keruangan dalam
aspek sosial percaya diri
2.
Dengan
tanya jawab siswa dapat menjelaskan pengertian dalam konteks keruangan dalam
aspek ekonomidengan percaya diri
3.
Dengan
tanya jawab siswa dapat menjelaskan pengertian dalam konteks keruangan dalam
aspek pendidikan dengan percaya diri
4.
Dengan
tanya jawab siswa dapat menjelaskan pengertian dalam konteks kewilayahan
dalam aspek sosial dengan percaya diri.
5.
Dengan
tanya jawab siswa dapat menjelaskan pengertian dalam konteks kewilayahan
dalam aspek ekonomidengan percaya diri.
6.
Dengan
tanya jawab siswa dapat menjelaskan pengertian dalam konteks kewilayahan
dalam aspek pendidikan dengan percaya diri.
7.
Dengan
penugasan siswa dapat menyusun laporan secara tertulis tentang manusia dalam
konteks keruangan dan kewilayahan dalam aspek sosial, ekonomi , pendidikan,
dan budaya dalam lingkup nasional dengan tanggung jawab.
8.
Dengan
diskusi siswa dapat melaporkan hasil pengamatannya didapan kelas dengan
teliti.
9.
Dengan
tanya jawab siswa dapat menyebutkan keanekaragaman sosial, budaya dan ekonomi
dalam bhineka tunggal ika di lingkungan sekolah dengan percaya diri
10.
Dengan
tanya jawab siswa dapat menyebutkan keanekaragaman sosial, budaya dan ekonomi
dalam bhineka tunggal ika di lingkungan masyarakat dengan percaya diri
11.
Dengan
demonstrasi siswa dapat melatih bentuk sikap kerja sama di rumah dengan baik.
12.
Dengan
demonstrasi siswa dapat melatih bentuk sikap kerja sama di sekolah dengan
baik.
13.
Dengan
demonstrasi siswa dapat melatih bentuk sikap kerja sama di masyarakat dengan
baik.
14.
Dengan
penugasan siswa dapat menyelesaikan soal dalam bentuk soal cerita dengan
tepat.
15.
Dengan
penugasan siswa dapat mengulang soal dalam bentuk pemecahan masalah seperti
soal cerita.
16.
Dengan
diskusi siswa dapat menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan
yang melibatkan perkalian dengan tepat.
17.
Dengan
diskusi siswa dapat menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan
yang melibatkan pembagian dengan tepat.
18.
Dengan
tanya Jawab siswa dapat menjelaskan peran air dalam bidang industry dengan
baik.
19.
Dengan
tanya jawab siswa dapat memberikan alasan pentingnya air dalam bidang
industri dengan baik.
20.
Dengan
penugasan siswa dapat menceritakan kembali tentang pentingnya air dalam
bidang industry dengan teliti.
|
Kelas : V (Lima)
Tema : 2. Peistiwa dalam Kehidupan
Subtema : 1. Macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan
Pembelajaran : 3
Tujuan dalam buku
|
Tujuan hasil analisis
|
1. Dengan menggali
informasi dari teks bacaan, peserta didik mampu mengidentifikasikan peranan
air dalam kehidupan masyarakat secara cermat.
2. Dengan meneruskan
penggalan cerita, peserta didik mampu mengembangkan keterampilan menulis
karangan dengan mandiri.
3. Dengan membuat
poster tentang gotong royong, peserta didik mampu mengidentifikasi pola
perilaku umum anggota masyarakat (gotong royong, ramah tamah, sopan santun) dengan
percaya diri.
4. Dengan bekerja
dalam kelompok, peserta didik menumbuhkan keterampilan kerjasama sebagai
salah satu contoh pola perilaku masyarakat dengan bertanggung jawab.
5. Dengan permainan
Gambar KOMUNIKASI, peserta didik mampu menunjukkan bentukbentuk kerjasama dan
komunikasi di lingkungan sekolah dengan mandiri.
6. Dengan
menggunakan cerita-cerita peristiwa faktual, peserta didik mampu menyajikan pernyataan
matematika secara lisan, tertulis, dan diagram dengan teliti.
7. Dengan berlatih
memecahkan masalah, peserta didik mampu menentukan bilangan yang tidak
diketahui dalam persamaan yang melibatkan perkalian dan pembagian dengan
cermat.
|
1. Dengan membuat poster tentang gotong royong, siswa dapat mengientifikasi pola perilaku umum anggota masyarakat (
gotong royong, ramah tamah, sopan santun ) dengan benar.
2. Dengan tanya jawab siswa dapat menyebutkan pola perlaku
umum anggota masyarakat ( gotong royong ramah tamah, sopan santun ) dengan
tepat.
3. Dengan bekerja
dalam kelompok, siswa dapat menumbuhkan keterampilan kerjasama sebagai salah
satu contoh pola perilaku masyarakat dengan bertanggung jawab.
1.
Dengan permainan Gambar KOMUNIKASI, peserta didik mampu menunjukkan
bentuk bentuk kerjasama dan komunikasi di lingkungan sekolah dengan mandiri.
4. Dengan tanya jawab, siswa dapat menerapkan bentuk kerja
sama yang ada di rumah dengan benar.
5. Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menerapkan bentuk
kerja sama yang ada sekolah dengan percaya diri.
6. Dengan penjelasan guru, siswa dapat nmenerapkan bentuk
kerja sama yang ada di masyarakat
dengan tepat.
7. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mengenal prosedur pemecahan masalah dengan
menganalisis hubungan antar simbol
dengan teliti.
8. Dengan mendengarkan penjelasan guru , siswa dapat
mengenal prosedur pemecaha masalah yang relevan dan
mengamati pola dengan teliti.
9. Dengan penjelasan guru, siswa dapat menyelesaikan soal dalam bentuk pemecahan masalah
dengan teliti.
10. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menyusun
laporan tentang nilai simbol dengan informasi yang relevan dengan teliti..
11. Dengan menggali
informasi dari teks bacaan, peserta didik mampu mengidentifikasikan peranan
air dalam kehidupan masyarakat secara cermat.
12. Dengan meneruskan
penggalan cerita, siswa dapat mengembangkan keterampilan menulis karangan
narasi dengan mandii.
13. Dengan menuliskan
karangan narasi, siswa dapat menceritakan
kembali karangan narasi tentang peranan air dalam kehidupan masyarakat.
|
LK
2.2c KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kelas : V (Lima)
Tema : 2. Peistiwa dalam Kehidupan
Subtema : 1. Macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan
Pembelajaran : 4
Kegiatan Pembelajaran
Pada Buku
|
Kegiatan Pembelajaran
dengan menerapkan Pendekatan Saintifik
|
Kegiatan Pembelajaran
dengan menerapkan Model-model Pembelajaran (Discovery Learning, Problem Based
Learning)
|
Kegiatan Pembelajaran
yang memunculkan HOTS (Higher Order Thinking Skills)
|
Keterangan dan Saran
Kegiatan Pembelajaran
|
|||
Ada
|
Tidak Ada
|
Ada
|
Tidak Ada
|
Ada
|
Tidak Ada
|
||
PB
4
|
√
|
-
|
√
|
-
|
√
|
-
|
Kelas : V (Lima)
Tema : 2. Peistiwa dalam Kehidupan
Subtema : 1. Macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan
Pembelajaran : 3
Kegiatan Pembelajaran
Pada Buku
|
Kegiatan Pembelajaran
dengan menerapkan Pendekatan Saintifik
|
Kegiatan Pembelajaran
dengan menerapkan Model-model Pembelajaran (Discovery Learning, Problem Based
Learning)
|
Kegiatan Pembelajaran
yang memunculkan HOTS (Higher Order Thinking Skills)
|
Keterangan dan Saran
Kegiatan Pembelajaran
|
|||
Ada
|
Tidak Ada
|
Ada
|
Tidak Ada
|
Ada
|
Tidak Ada
|
||
PB
4
|
√
|
-
|
√
|
-
|
√
|
-
|
LK
2.3a ANALISIS KESESUAIAN MATERI (BUKU SISWA)
Kelas : V (Lima)
Tema : 2. Peistiwa dalam Kehidupan
Subtema : 1. Macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan
Pembelajaran : 4
KESESUAIAN MATERI
|
KETERANGAN
|
SARAN
|
Materi pembelajaran yang disajkan pada
buku siswa sudah sesuai dengan target indikator
|
Materi yang terdapat di dalam buku
siswa sudah sesuai dengan KD, Indikator, dan tujuan pembelajaran
|
-
|
Kelas : V (Lima)
Tema : 2. Peistiwa dalam Kehidupan
Subtema : 1. Macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan
Pembelajaran : 3
KESESUAIAN MATERI
|
KETERANGAN
|
SARAN
|
Materi
pembelajaran yang disajkan pada buku siswa sudah sesuai dengan target indicator
|
Materi
yang terdapat di dalam buku siswa sudah sesuai dengan KD, Indikator, dan
tujuan pembelajaran
|
-
|
LK.
2.3b ANALISIS KECUKUPAN MATERI (BUKU SISWA)
Kelas : V (Lima)
Tema : 2. Peistiwa dalam Kehidupan
Subtema : 1. Macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan
Pembelajaran : 4
KECUKUPAN MATERI
|
KETERANGAN
|
SARAN
|
Materi pembelajaran yang disajkan pada
buku siswa sudah cukup lengkap
|
Materi yang terdapat di dalam buku
siswa cakupannya sudah lengkap, dapat dilihat dari keluasan dan kedalaman
materi yang dipaparkan yang dilengkapi dengan soal cerita dan contoh soal
|
-
|
Kelas : V (Lima)
Tema : 2. Peistiwa dalam Kehidupan
Subtema : 1. Macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan
Pembelajaran : 4
KECUKUPAN MATERI
|
KETERANGAN
|
SARAN
|
Materi
pembelajaran yang disajkan pada buku siswa sudah cukup lengkap
|
Materi
yang terdapat di dalam buku siswa cakupannya sudah lengkap, dapat dilihat
dari keluasan dan kedalaman materi yang dipaparkan yang dilengkapi dengan
soal cerita dan contoh soal
|
-
|
LK
2.3c ANALISIS KEAKURATAN MATERI (BUKU
SISWA)
Kelas : V (Lima)
Tema : 2. Peistiwa dalam Kehidupan
Subtema : 1. Macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan
Pembelajaran : 4
PEMBELAJARAN
|
KEAKURATAN
MATERI
|
KETERANGAN
|
SARAN
|
4
|
Materi pembelajaran yang disajkan pada
buku siswa sudah akurat
|
Materi yang terdapat di dalam buku siswa sudah
akurat dan sesuai dengan KD, Indikator, dan tujuan pembelajaran
|
-
|
Kelas : V (Lima)
Tema : 2. Peistiwa dalam Kehidupan
Subtema : 1. Macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan
Pembelajaran : 3
PEMBELAJARAN
|
KEAKURATAN
MATERI
|
KETERANGAN
|
SARAN
|
3
|
Materi pembelajaran yang disajkan pada
buku siswa sudah akurat
|
Materi yang terdapat di dalam buku siswa sudah
akurat dan sesuai dengan KD, Indikator, dan tujuan pembelajaran
|
-
|
FORMAT ANALISIS BUKU GURU
Judul
Buku : Tema
2 Peristiwa dalam Kehidupan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Kelas : V
(Lima)
Jenjang : Sekolah
Dasar
Tema/Sub : 2.
Peristiwa dalam Kehidupan/ 1. Macam-macam peristiwa dalam Kehidupan
No.
|
Aspek yang
Dianalisis
|
HASIL
ANALISIS
|
Tindak Lanjut
Hasil Analisis
|
|||||
PB 1
|
PB 2
|
PB 3
|
PB 4
|
PB 5
|
PB 6
|
|||
1
|
Kesesuaian dengan SKL
|
√
|
√
|
√
|
||||
2
|
Kesesuaian dengan KI
|
√
|
√
|
√
|
||||
3
|
Kesesuaian dengan KD
|
√
|
√
|
√
|
||||
4
|
Kecukupan materi ditinjau dari:
a. cakupan konsep/materi esensial
b. alokasi waktu
|
√
|
√
|
√
|
||||
5
|
Kedalaman materi ditinjau dari :
a. Pola piker keilmuan
b. Karakteristik siswa
|
√
|
√
|
√
|
||||
6
|
Informasi pembelajaran sesuai dengan Standar Proses
|
√
|
√
|
√
|
||||
7
|
Informasi keterpaduan: Penerapan model pembelajaran
tematik terpadu
|
√
|
√
|
√
|
||||
8
|
Informasi tentang penerapan pendekatan scientific
|
√
|
√
|
√
|
||||
9
|
Instrumen penilaian autentik dan bhan remedial
teaching
|
√
|
√
|
√
|
FORMAT ANALISIS
BUKU SISWA
Judul Buku : Tema 2 Peristiwa dalam Kehidupan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Kelas : V (Lima)
Jenjang : Sekolah Dasar
Tema/Sub : 2. Peristiwa dalam Kehidupan/ 1. Macam-macam peristiwa dalam Kehidupan
No.
|
Aspek yang
Dianalisis
|
HASIL
ANALISIS
|
Tindak Lanjut
Hasil Analisis
|
|||||
PB 1
|
PB 2
|
PB 3
|
PB 4
|
PB 5
|
PB 6
|
|||
1
|
Kesesuaian dengan SKL
|
√
|
√
|
√
|
||||
2
|
Kesesuaian dengan KI
|
√
|
√
|
√
|
||||
3
|
Kesesuaian dengan KD
|
√
|
√
|
√
|
||||
4
|
Kesesuaian materi dengan tema
|
√
|
√
|
√
|
||||
5
|
Kecukupan materi ditinjau dari:
a. cakupan konsep/materi esensial
b. alokasi waktu
|
√
|
√
|
√
|
||||
6
|
Kedalaman materi ditinjau dari :
a. Pola piker keilmuan
b. Karakteristik siswa
|
√
|
√
|
√
|
||||
7
|
Keterpaduan berbagai mata pelajaran
|
√
|
√
|
√
|
||||
8
|
Penerapan Pendekatan Scientific
|
√
|
√
|
√
|
||||
9
|
Penilaian Autentik yang tersedia dalam Buku Siswa
|
√
|
√
|
√
|
||||
10
|
Kolom interaksi antara guru dengan orangtua
|
√
|
√
|
√
|
No comments:
Post a Comment