Friday 27 September 2019

ANALISIS KD, INDIKATOR, TUJUAN, KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN KESESUAIAN, KECUKUPAN, KEAKURATAN MATERI SERTA ANALISIS BUKU GURU DAN SISWA


LK 2.1 (BUKU GURU)

Kelas                           : V (Lima)
Tema                           : 2. Peristiwa dalam Kehidupan
Subtema                      : 1. Macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan

MUATAN LOKAL
KD
PEMBELAJARAN
KETERANGAN
1
2
3
4
5
6
PPKn
1.1
Pada mata pelajaran PPKn:
KD 3.4 dan 4.3 muncul pada pembelajaran 2,4, dan 6
1.2
2.1
2.2
2.3
2.4
3.1
3.2
3.3
3.4
3.5
3.6
4.1
4.2
4.3
4.4
4.5
4.6
Bahasa Indonesia
1.1
1.2
2.1
2.2
2.3
2.4
2.5
3.1
3.2
3.3
3.4
3.5
4.1
4.2
4.3
4.4
4.5
Matematika
2.1
2.2
2.3
2.4
2.5
2.6
3.1
3.2
3.3
3.4
3.5
3.6
3.7
3.8
3.9
3.10
3.11
3.12
3.13
3.14
3.15
3.16
3.17
4.1
4.2
4.3
4.4
4.5
4.6
4.7
4.8
3.9
3.10
3.11
3.12
3.13
3.14
3.15
3.16
3.17
IPA
1.1
2.1
2.2
3.1
3.2
3.3
3.4
3.5
3.6
3.7
4.1
4.2
4.3
4.4
4.5
4.6
4.7
IPS
1.1
1.2
1.3
2.1
2.2
2.3
3.1
3.2
3.3
3.4
3.5
4.1
4.2
4.3
4.4
4.5
SBdP
1.1
2.1
2.2
2.3
3.1
3.2
3.3
3.4
3.5
3.6
4.1
4.2
4.3
4.4
4.5
4.6
4.7
4.9
4.10
4.11
4.12
4.13
4.14
4.15
4.16
4.17
PJOK
1.1
1.2
2.1
2.2
3.1
3.2
3.3
3.4
4.1
4.2
4.3
4.4
4.5
4.6
4.7
LK 2.1 (BUKU SISWA)

PB 1
PB 2
PB 3
PB 4
PB 5
PB 6
KI 1
KI 2
KI 3
KI 4






LK. 2.2a ANALISIS INDIKATOR
Kelas                           : V (Lima)
Tema                           : 2. Peistiwa dalam Kehidupan
Subtema                      : 1. Macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan
Pembelajaran               : 4

Kompetensi Dasar
Indikator pada Buku
Indikator Hasil Analisis
IPS
3.1 Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional
4.1 Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumbersumber yang tersedia

3.1.1 Menjelaskan pengertian
manusia dalam konteks
keruangan dan kewilayahan
dalam aspek sosial,
ekonomi dan pendidikan

4.1.1 Menyusun laporan secara
tertulis tentang manusia dalam konteks keruangan dan kewilayahan dalam aspek sosial, ekonomi , pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional

3.1.1  Menjelaskan pengertian
manusia dalam konteks
keruangan dalam aspek sosial,

3.1.2 Menjelaskan pengertian manusia dalam konteks keruangan dalam aspek ekonomi.

3.1.3. Menjelaskan pengertian manusia dalam konteks keruangan dalam bidang pendidikan.

3.1.4 Menjelaskan pengertian manusia dalam konteks kewilayahan dalam aspek sosial.

3.1.5 Menjelaskan pengertian manusia dalam konteks kewilayahan dalam bidang ekonomi

3.1.6 Menjelaskan pengertian
manusia dalam konteks kewilayahan dalam aspek pendidikan 

4.1.1 Menyusun laporan secara tertulis tentang manusia dalam konteks keruangan dan kewilayahan dalam aspek sosial, ekonomi , pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional

4.1.2 Melaporkan hasil pengamatan mengenai manusia dalam konteks keruangan dan kewilayahan dalam aspek sosial, ekonomi , pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional
 PPKN
3.3 Memahami keanekaragaman sosial, budaya dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan rumah sekolah dan masyarakat

4.3 Membantu masyarakat
dalam melaksanakan suatu
kegiatan di lingkungan rumah,
sekolah, dan masyarakat tanpa
membedakan agama, suku
bangsa, dan sosial ekonomi
3.3.1 Menceritakan pola perilaku umum anggota masyarakat (gotong royong, ramah tamah, sopan santun)
4.3.1 Mengidentifikasi bentuk -bentuk kerja sama yang ada di masyarakat dalam rangka kerukunan
3.3.1 Menyebutkan keanekaragaman sosial, budaya dan ekonomi dalam bhineka tunggal ika di lingkungan sekolah.

3.3.2 Menyebutkan keanekaragaman sosial, budaya dan ekonomi dalam bhineka tunggal ika di lingkungan masyarakat.

4.3.1 Melatih  bentuk kerja sama yang ada di rumah.

4.3.2 Melatih bentuk kerja sama yang ada sekolah

4.3.3 Melatih bentuk kerja sama yang ada di masyarakat.
Matematika
3.3 Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola
4.2 Menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan penambahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian bilangan satu atau dua Angka

3.3.1 Menyajikan pernyataan
matematika secara lisan,
tertulis, dan diagram

4.2.1 Menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan perkalian

3.3.1 Menyelesaikan soal dalam bentuk pemecahan masalah.

4.2.1 Mengulang soal dalam bentuk pemecahan masalah seperti soal cerita.
4.2.2  Menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan perkalian
4.2.3 1 Menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan pembagian
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah
kosakata baku

4.2 Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2.1 Mengidentifikasi peran air dalam bidang industri.
4.2.1 Memberikan alasan pentingnya air dalam bidang industry
3.2.1 Menjelaskan  peran air dalam bidang industri.
4.2.1 Memberikan alasan pentingnya air dalam bidang industri
4.2.2 Menceritakan kembali tentang pentingnya air dalam bidang industri
Kelas                           : V (Lima)
Tema                           : 2. Peistiwa dalam Kehidupan
Subtema                      : 1. Macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan
Pembelajaran               : 3
Kompetensi Dasar
Indikator pada Buku
Indikator Hasil Analisis
 PPKN
3.3 Memahami keanekaragaman sosial, budaya dan      ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan rumah sekolah dan masyarakat.





4.3   Membantu masyarakat dalam melaksanakan suatu
kegiatan di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat tanpa membedakan agama, suku bangsa, dan sosial ekonomi.

3.3.    Mengidentifikasi pola perilaku
umum anggota masyarakat
(gotong royong, ramah
tamah, sopan santun)




4.3.1Mengidentifikasi bentuk -bentuk kerja sama yang ada di masyarakat dalam rangka kerukunan

3.3.1Mengientifikasi pola perilaku      umum anggota masyarakat ( gotong royong, ramah tamah, sopan santun ).
3.3.2Menyebutkan pola perlaku umum anggota masyarakat ( gotong royong ramah tamah, sopan santun .
4.3.1Melatih  bentuk kerja sama yang ada di rumah.
4.3.2 Melatih bentuk kerja sama yang ada sekolah.
4.3.3 Melatih bentuk kerja sama yang ada di masyarakat.
Matematika
3.3 Memilih prosedur pemecahan masalah dengan    menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola.





4.4 Menentukan nilai simbol yang tidak diketahui dalam suatu persamaan.



3.3.1Mengenal prosedur pemecahan
        masalah yang relevan dan
        mengamati pola





4.4.1 Menyusun laporan tentang nilai
simbol dengan informasi yang
relevan.

3.3.1Mengenal prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol.
  3.3.2Mengenal prosedur pemecahan
          masalah yang relevan dan
          mengamati pola
3.3.3Menyelesaikan soal dalam bentuk pemecahan masalah.
4.4.1 Menyusun laporan tentang nilai
simbol dengan informasi yang
         relevan.
Bahasa Indonesia
3.2Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

4.2  Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

3.2.1  Mengidentifikasi peran air dalam         kehidupan dimasyarakat.





4.2.1 Meneruskan karangan narasi
        tentang peranan air dalam                  kehidupan masyarakat

3.2.1 Menjelaskan  peran air dalam    kehidupan dimasyarakat.





4.2.1 Menuliskan karangan narasi            tentang peranan air dalam kehidupan masyarakat.
4.2.2 Menceritakan karangan narasi tentang peranan air dalam kehidupan masyarakat.


LK 2.2b ANALISIS TUJUAN PEMBELAJARAN

Kelas                           : V (Lima)
Tema                           : 2. Peistiwa dalam Kehidupan
Subtema                      : 1. Macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan
Pembelajaran               : 4

Tujuan dalam buku
Tujuan hasil analisis
1.      Dengan mencermati bacaan peserta didik dapat mengamati dan menceritakan tempat - tempat usaha di lingkungan di sekitarnya sebagai contoh kegiatan manusia konteks keruangan dan kewilayahan dalam aspek sosial, dan ekonomi dengan teliti.
2.       Dengan menggali informasi dari teks bacaan peserta didik dapat menceritakan dampak negatif dan positif dari sebuah kegiatan industri yang merupakan konteks kegiatan manusia dalam aspek ekonomi dan sosial dengan percaya diri
3.      Dengan melakukan diskusi secara berkelompok peserta didik dapat mengidentifikasikan peranan air dalam industri dan menumbuhkan sikap rasa ingin tahunya
4.      Dengan melakukan debat, peserta didik dapat menjelaskan manfaat dan kerugian sebuah kegiatan industri bagi masyarakat dalam konteks keruangan dan kewilayahan dalam aspek sosial, dan ekonomi dengan percaya diri.
5.      Dengan melakukan debat peserta didik dapat menghargai perbedaan pendapat antar kelompok yang merupakan contoh nyata dari pola perilaku masyarakat yang positif dengan tanggung jawab.
6.      Dengan mengolah informasi dari bacaan, peserta didik dapat menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan perkalian
1.       Dengan tanya jawab siswa dapat menjelaskan pengertian dalam konteks keruangan dalam aspek sosial percaya diri
2.       Dengan tanya jawab siswa dapat menjelaskan pengertian dalam konteks keruangan dalam aspek ekonomidengan percaya diri
3.       Dengan tanya jawab siswa dapat menjelaskan pengertian dalam konteks keruangan dalam aspek pendidikan dengan percaya diri
4.       Dengan tanya jawab siswa dapat menjelaskan pengertian dalam konteks kewilayahan dalam aspek sosial dengan percaya diri.
5.       Dengan tanya jawab siswa dapat menjelaskan pengertian dalam konteks kewilayahan dalam aspek ekonomidengan percaya diri.
6.       Dengan tanya jawab siswa dapat menjelaskan pengertian dalam konteks kewilayahan dalam aspek pendidikan dengan percaya diri.
7.       Dengan penugasan siswa dapat menyusun laporan secara tertulis tentang manusia dalam konteks keruangan dan kewilayahan dalam aspek sosial, ekonomi , pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional dengan tanggung jawab.
8.       Dengan diskusi siswa dapat melaporkan hasil pengamatannya didapan kelas dengan teliti.
9.       Dengan tanya jawab siswa dapat menyebutkan keanekaragaman sosial, budaya dan ekonomi dalam bhineka tunggal ika di lingkungan sekolah dengan percaya diri
10.    Dengan tanya jawab siswa dapat menyebutkan keanekaragaman sosial, budaya dan ekonomi dalam bhineka tunggal ika di lingkungan masyarakat dengan percaya diri
11.    Dengan demonstrasi siswa dapat melatih bentuk sikap kerja sama di rumah dengan baik.
12.    Dengan demonstrasi siswa dapat melatih bentuk sikap kerja sama di sekolah dengan baik.
13.    Dengan demonstrasi siswa dapat melatih bentuk sikap kerja sama di masyarakat dengan baik.
14.    Dengan penugasan siswa dapat menyelesaikan soal dalam bentuk soal cerita dengan tepat.
15.    Dengan penugasan siswa dapat mengulang soal dalam bentuk pemecahan masalah seperti soal cerita.
16.    Dengan diskusi siswa dapat menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan perkalian dengan tepat.
17.    Dengan diskusi siswa dapat menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan pembagian dengan tepat.
18.    Dengan tanya Jawab siswa dapat menjelaskan peran air dalam bidang industry dengan baik.
19.    Dengan tanya jawab siswa dapat memberikan alasan pentingnya air dalam bidang industri dengan baik.
20.    Dengan penugasan siswa dapat menceritakan kembali tentang pentingnya air dalam bidang industry dengan teliti.

Kelas                           : V (Lima)
Tema                           : 2. Peistiwa dalam Kehidupan
Subtema                      : 1. Macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan
Pembelajaran               : 3

Tujuan dalam buku
Tujuan hasil analisis
1.      Dengan menggali informasi dari teks bacaan, peserta didik mampu mengidentifikasikan peranan air dalam kehidupan masyarakat secara cermat.
2.      Dengan meneruskan penggalan cerita, peserta didik mampu mengembangkan keterampilan menulis karangan dengan mandiri.
3.      Dengan membuat poster tentang gotong royong, peserta didik mampu mengidentifikasi pola perilaku umum anggota masyarakat (gotong royong, ramah tamah, sopan santun) dengan percaya diri.
4.      Dengan bekerja dalam kelompok, peserta didik menumbuhkan keterampilan kerjasama sebagai salah satu contoh pola perilaku masyarakat dengan bertanggung jawab.
5.      Dengan permainan Gambar KOMUNIKASI, peserta didik mampu menunjukkan bentukbentuk kerjasama dan komunikasi di lingkungan sekolah dengan mandiri.
6.      Dengan menggunakan cerita-cerita peristiwa faktual, peserta didik mampu menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis, dan diagram dengan teliti.
7.      Dengan berlatih memecahkan masalah, peserta didik mampu menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan perkalian dan pembagian dengan cermat.

1.      Dengan membuat poster tentang gotong royong, siswa dapat mengientifikasi pola perilaku umum anggota masyarakat ( gotong royong, ramah tamah, sopan santun ) dengan benar.
2.      Dengan tanya jawab siswa dapat menyebutkan pola perlaku umum anggota masyarakat ( gotong royong ramah tamah, sopan santun ) dengan tepat.
3.      Dengan bekerja dalam kelompok, siswa dapat menumbuhkan keterampilan kerjasama sebagai salah satu contoh pola perilaku masyarakat dengan bertanggung jawab.
1.      Dengan permainan Gambar KOMUNIKASI, peserta didik mampu menunjukkan bentuk bentuk kerjasama dan komunikasi di lingkungan sekolah dengan mandiri.
4.      Dengan tanya jawab, siswa dapat menerapkan bentuk kerja sama yang ada di rumah dengan benar.
5.      Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menerapkan bentuk kerja sama yang ada sekolah dengan percaya diri.
6.      Dengan penjelasan guru, siswa dapat nmenerapkan bentuk kerja sama yang ada di masyarakat  dengan tepat.
7.      Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat  mengenal prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol  dengan teliti.
8.      Dengan mendengarkan penjelasan guru , siswa dapat mengenal prosedur pemecaha masalah yang relevan dan
mengamati pola dengan teliti.
9.      Dengan penjelasan guru, siswa dapat menyelesaikan soal           dalam bentuk pemecahan masalah dengan teliti.
10.  Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menyusun laporan tentang nilai simbol dengan informasi yang relevan dengan teliti..
11.  Dengan menggali informasi dari teks bacaan, peserta didik mampu mengidentifikasikan peranan air dalam kehidupan masyarakat secara cermat.
12.  Dengan meneruskan penggalan cerita, siswa dapat mengembangkan keterampilan menulis karangan narasi dengan mandii.
13.  Dengan menuliskan karangan narasi, siswa dapat menceritakan kembali karangan narasi tentang peranan air dalam kehidupan masyarakat.



LK 2.2c KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kelas                           : V (Lima)
Tema                           : 2. Peistiwa dalam Kehidupan
Subtema                      : 1. Macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan
Pembelajaran               : 4

Kegiatan Pembelajaran Pada Buku
Kegiatan Pembelajaran dengan menerapkan Pendekatan Saintifik
Kegiatan Pembelajaran dengan menerapkan Model-model Pembelajaran (Discovery Learning, Problem Based Learning)
Kegiatan Pembelajaran yang memunculkan HOTS (Higher Order Thinking Skills)
Keterangan dan Saran Kegiatan Pembelajaran
Ada
Tidak Ada
Ada
Tidak Ada
Ada
Tidak Ada

PB 4
-
-
-


  
Kelas                           : V (Lima)
Tema                           : 2. Peistiwa dalam Kehidupan
Subtema                      : 1. Macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan
Pembelajaran               : 3

Kegiatan Pembelajaran Pada Buku
Kegiatan Pembelajaran dengan menerapkan Pendekatan Saintifik
Kegiatan Pembelajaran dengan menerapkan Model-model Pembelajaran (Discovery Learning, Problem Based Learning)
Kegiatan Pembelajaran yang memunculkan HOTS (Higher Order Thinking Skills)
Keterangan dan Saran Kegiatan Pembelajaran
Ada
Tidak Ada
Ada
Tidak Ada
Ada
Tidak Ada

PB 4
-
-
-



LK 2.3a ANALISIS KESESUAIAN MATERI (BUKU SISWA)

Kelas                           : V (Lima)
Tema                           : 2. Peistiwa dalam Kehidupan
Subtema                      : 1. Macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan
Pembelajaran               : 4

KESESUAIAN MATERI
KETERANGAN
SARAN
Materi pembelajaran yang disajkan pada buku siswa sudah sesuai dengan target indikator
Materi yang terdapat di dalam buku siswa sudah sesuai dengan KD, Indikator, dan tujuan pembelajaran
-

Kelas                           : V (Lima)
Tema                           : 2. Peistiwa dalam Kehidupan
Subtema                      : 1. Macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan
Pembelajaran               : 3

KESESUAIAN MATERI
KETERANGAN
SARAN
Materi pembelajaran yang disajkan pada buku siswa sudah sesuai dengan target indicator
Materi yang terdapat di dalam buku siswa sudah sesuai dengan KD, Indikator, dan tujuan pembelajaran
-


LK. 2.3b ANALISIS KECUKUPAN MATERI (BUKU SISWA)

Kelas                           : V (Lima)
Tema                           : 2. Peistiwa dalam Kehidupan
Subtema                      : 1. Macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan
Pembelajaran               : 4

KECUKUPAN MATERI
KETERANGAN
SARAN
Materi pembelajaran yang disajkan pada buku siswa sudah cukup lengkap
Materi yang terdapat di dalam buku siswa cakupannya sudah lengkap, dapat dilihat dari keluasan dan kedalaman materi yang dipaparkan yang dilengkapi dengan soal cerita dan contoh soal
-

Kelas                           : V (Lima)
Tema                           : 2. Peistiwa dalam Kehidupan
Subtema                      : 1. Macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan
Pembelajaran               : 4

KECUKUPAN MATERI
KETERANGAN
SARAN
Materi pembelajaran yang disajkan pada buku siswa sudah cukup lengkap
Materi yang terdapat di dalam buku siswa cakupannya sudah lengkap, dapat dilihat dari keluasan dan kedalaman materi yang dipaparkan yang dilengkapi dengan soal cerita dan contoh soal
-


LK 2.3c ANALISIS KEAKURATAN  MATERI (BUKU SISWA)

Kelas                           : V (Lima)
Tema                           : 2. Peistiwa dalam Kehidupan
Subtema                      : 1. Macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan
Pembelajaran               : 4

PEMBELAJARAN
KEAKURATAN MATERI
KETERANGAN
SARAN
4
Materi pembelajaran yang disajkan pada   buku siswa sudah akurat
Materi yang terdapat di dalam buku siswa sudah akurat dan sesuai dengan KD, Indikator, dan tujuan pembelajaran
-
Kelas                           : V (Lima)
Tema                           : 2. Peistiwa dalam Kehidupan
Subtema                      : 1. Macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan
Pembelajaran               : 3

PEMBELAJARAN
KEAKURATAN MATERI
KETERANGAN
SARAN
3
Materi pembelajaran yang disajkan pada   buku siswa sudah akurat
Materi yang terdapat di dalam buku siswa sudah akurat dan sesuai dengan KD, Indikator, dan tujuan pembelajaran
-


FORMAT ANALISIS BUKU GURU

Judul Buku    : Tema 2 Peristiwa dalam Kehidupan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Kelas               : V (Lima)
Jenjang           : Sekolah Dasar
Tema/Sub       : 2. Peristiwa dalam Kehidupan/ 1. Macam-macam peristiwa dalam Kehidupan



No.
Aspek yang Dianalisis
HASIL ANALISIS
Tindak Lanjut Hasil Analisis
PB 1
PB 2
PB 3
PB 4
PB 5
PB 6
1
Kesesuaian dengan SKL
2
Kesesuaian dengan KI
3
Kesesuaian dengan KD
4
Kecukupan materi ditinjau dari:
a. cakupan konsep/materi esensial
b. alokasi waktu



5
Kedalaman materi ditinjau dari :
a. Pola piker keilmuan
b. Karakteristik siswa



6
Informasi pembelajaran sesuai dengan Standar Proses
7
Informasi keterpaduan: Penerapan model pembelajaran tematik terpadu
8
Informasi tentang penerapan pendekatan scientific
9
Instrumen penilaian autentik dan bhan remedial teaching




FORMAT ANALISIS BUKU SISWA

Judul Buku    : Tema 2 Peristiwa dalam Kehidupan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Kelas               : V (Lima)
Jenjang           : Sekolah Dasar
Tema/Sub       : 2. Peristiwa dalam Kehidupan/ 1. Macam-macam peristiwa dalam Kehidupan

No.
Aspek yang Dianalisis
HASIL ANALISIS
Tindak Lanjut Hasil Analisis
PB 1
PB 2
PB 3
PB 4
PB 5
PB 6
1
Kesesuaian dengan SKL
2
Kesesuaian dengan KI
3
Kesesuaian dengan KD
4
Kesesuaian materi dengan tema
5
Kecukupan materi ditinjau dari:
a. cakupan konsep/materi esensial
b. alokasi waktu



6
Kedalaman materi ditinjau dari :
a. Pola piker keilmuan
b. Karakteristik siswa



7
Keterpaduan berbagai mata pelajaran
8
Penerapan Pendekatan Scientific
9
Penilaian Autentik yang tersedia dalam Buku Siswa
10
Kolom interaksi antara guru dengan orangtua




No comments:

Post a Comment