RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Model : Integrated
Kelas/Semester : IV/II
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6x35 menit)
- Standar Kompetensi
Bahasa Indonesia
Membaca
7. Memahami teks melalui
membaca intensif, membaca nyaring, dan membaca pantun
IPS
2. Mengenal sumber daya alam,
kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan
provinsi
PKn
4. Menunjukkan sikap terhadap
globalisasi di lingkungannya
- Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
7.1 Menemukan kalimat utama
pada tiap paragraf melalui membaca intensif
IPS
2.3 Mengenal perkembangan teknologi produksi
komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya
PKn
4.1 Memberikan contoh sederhana pengaruh globalisai di
lingkungannya
- Indi kator
Bahasa Indonesia
7.1. 1 Mengidentifikasi kalimat utama pada setiap
paragraf
7.1. 2 Menjelaskan arti kata-kata sukar dari teks
7.1. 3 Menulis ringkasan dari teks
IPS
2.3.1 Menyebutkan pengertian teknologi
2.3.2 Mengelompokkan jenis-jenis transportasi
2.3.3 Membedakan jenis transportasi masa lalu dan
masa kini
PKn
4.1.1 Menyebutkan pengertian
globalisasi
4.1. 2 Menyebutkan pengaruh globalisasi di lingkungan
4.1.4 Mencontohkan sikap terhadap pengaruh globalisasi di lingkungan
- Tujuan Pembelajaran
1. Dengan penjelasan dari guru, siswa dapat
menyebutkan pengertian teknologi transportasi dengan tepat
2. Dengan tanya jawab, siswa dapat mengelompokkan
jenis-jenis transportasi dengan tepat
3. Dengan mengamati gambar, siswa dapat membedakan
jenis transportasi masa lalu dan masa kini dengan tepat
4. Dengan penjelasan dari guru, siswa dapat menyebutkan pengertian globalisasi dengan tepat.
5. Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan pengaruh globalisasi di lingkungan dengan tepat
6. Dengan tanya jawab, siswa dapat mencontohkan sikap terhadap pengaruh globalisasi di lingkungan dengan tepat
7. Dengan diskusi, siswa dapat mengidentifikasi kalimat utama pada setiap paragraf dengan tepat
8. Dengan diskusi menjelaskan arti kata-kata sukar dari teks dengan tepat
9. Dengan penugasan, siswa dapat menulis ringkasan dari teks dengan tepat
4. Dengan penjelasan dari guru, siswa dapat menyebutkan pengertian globalisasi dengan tepat.
5. Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan pengaruh globalisasi di lingkungan dengan tepat
6. Dengan tanya jawab, siswa dapat mencontohkan sikap terhadap pengaruh globalisasi di lingkungan dengan tepat
7. Dengan diskusi, siswa dapat mengidentifikasi kalimat utama pada setiap paragraf dengan tepat
8. Dengan diskusi menjelaskan arti kata-kata sukar dari teks dengan tepat
9. Dengan penugasan, siswa dapat menulis ringkasan dari teks dengan tepat
- Materi Pembelajaran
1. Membaca
intensif untuk menemukan kalimat utama dalam paragraf
2.
Perkembangan
teknologi transportasi darat, air, udara pada masa lalu dan masa sekarang
3.
Pengaruh globalisasi di lingkungan
4.
Sikap terhadap pengaruh
globalisasi di lingkungan
- Media, Metode
dan Model
1. Media
a. Rekaman lagu “Naik Delman”
b. Gambar transportasi masa lalu dan masa kini
2. Metode : Demonstrasi, Diskusi,
Tanya Jawab, Penugasan
3. Model : tipe STAD
Langkah-langkah model
kooperatif tipe STAD adalah sebagai berikut :
a.
Menyampaikan tujuan
dan memotivasi siswa
b.
Menyajikan
informasi
c.
Mengorganisasikan
siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar
d.
Membimbing
kelompok bekerja, dan belajar
e.
Evaluasi
f.
Memberikan
penghargaan
- Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1. Pendahuluan ( 15 menit)
a. Guru
mengkondisikan kelas (merapikan meja dan kursi, berdoa, absensi, menyiapkan alat/bahan/media
pembelajaran) untuk siap belajar.
b. Apersepsi ( tanya jawab, memotivasi, bernyanyi, gambar)
c. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. (tahap 1: menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa)
2. Kegiatan Inti ( 75 menit)
a. Eksplorasi
1)
Siswa bersama
guru bertanya jawab mengenai gambar yang dipajang di
depan kelas
2)
Siswa bersama
guru bertanya jawab mengenai gambar tersebut
3)
Siswa
mendengarkan informasi yang disampaikan guru mengenai
gambar tersebut (tahap 2)
b.
Elaborasi
4)
Siswa dibagi
ke dalam 4 kelompok yang terdiri dari 5 orang (tahap 3)
5)
Masing-masing
kelompok diberikan teks bacaan oleh guru
6)
Siswa mengidentifikasi kata-kata
sukar yang terdapat pada bacaan
7)
Siswa mencari kalimat utama
pada teks
8)
Selanjutnya, siswa diminta meringkas teks bacaan
dengan cara merangkaikan kalimat-kalimat utama pada
setiap paragraf bacaan.
9)
Siswa
dibimbing oleh guru dalam mengerjakan tugas tersebut (tahap 4)
c. Konfirmasi
10) Siswa diminta
untuk menampilkan hasil diskusinya (tahap 5: evaluasi)
11) Siswa diminta
untuk duduk kembali ketempat masing-masing
12) Siswa yang
tampil mendapat penghargaan secara verbal dari guru (tahap 6: memberikan
penghargaan)
3. Kegiatan Penutup (15 menit)
a.
Guru memberi
penguatan tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
b.
Siswa dan guru
menyimpulkan materi pembelajaran
c.
Menutup pelajaran
- Sumber Belajar
1.
Kaswan
Darmadi dan Rita Nirbaya. 2008. Bahasa Indonesia 4. Jakarta: Depdiknas.
2.
Retno.2008.
Cerdas Pengetahuan Sosial.Jakarta:
Depdiknas
3.
Prayoga dan
Ati. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan:
Menjadi waraga negara yang baik. Jakarta: Depdiknas
4.
Majalah/koran/media elektronik
- Evaluasi
1.
Afektif
1. Prosedur
tes : Proses dan akhir
2. Bentuk
tes : Unjuk kerja
3. Alat tes : Rubrik (terlampir)
2.
Kognitif
a.
Prosedur tes : Akhir
b.
Bentuk tes : Tertulis
c.
Alat
tes : Soal (terlampir)
3.
Psikomotor
a.
Prosedur tes : Proses dan akhir
b.
Bentuk tes : Fortofolio
c.
Alat
tes : Rubrik (terlampir)
Materi
PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI
Transportasi adalah
pemindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan
menggunakan sebuah wahana yang
digerakkan oleh manusia atau mesin. Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas
sehari-hari. Di negara maju, mereka biasanya menggunakan kereta bawah tanah (subway) dan taksi. Penduduk disana jarang yang mempunyai kendaraan pribadi karena
mereka sebagian besar menggunakan angkutan umum sebagai transportasi mereka.
Transportasi sendiri
dibagi 3 yaitu, transportasi darat, laut, dan udara. Transportasi udara
merupakan transportasi yang membutuhkan banyak uang untuk memakainya. Selain
karena memiliki teknologi yang lebih canggih, transportasi udara merupakan alat
transportasi tercepat dibandingkan dengan alat transportasi lainnya.
Perkembangan
transportasi sekarang membawa dampak kehidupan yang lebih baik. Tenaga manusia
berpindah menjadi tenaga mesain sehingga mempermudah masyarakat untuk melakukan
aktifitas walaupun tempat tersebut jauh.
Transportasi masa kini sudah marak di
mana mana. Contohnya Sepeda motor, Mobil,Truk, DLL. transportasi itu ternyata
membuat kira ringan untuk berpergian. Dan anakanak zaman sekarang dari umur 12
tahun sudah bisa untuk menggunakan kendaraansepeda motor. Itu juga dari dampak
globalisasi masa kini yang sangat cepat menyeranganak anak.Zaman dulu
transportasi tersebut jarang yang menggunakan karena transportasi ituharganya
mahal untuk di beli. dulu transportasi kebanyakan menggunakan sepeda. itupun
juga ada pajaknya namanya plembir. jika telah membayar pajak sepeda itu
adastiker plembir itu. seperti kendaraan sekarang. Jangan bilang transportasi
zaman dulu punah. ternyata transportasi zaman dulu digemari oleh anak anak
sekarang terutama sepeda. dan transportasi seberti dokar,andong, becak kereta
api masih banyak di gunakan oleh masyarakat sekarang. bahkansepeda pun di
harapkan oleh pemerintah untuk mengatasi pemanasan global yangterjadi saat ini.
di setiap rambu lalu lintas daerah kota Yogyakarta di berikan tempatkhusus
berhenti untuk sepeda.
Lalu andong dan dokar tersebut di jadikan untuk wisata pengunjung
dari luar kota ataudi jadikan alat transportasi jarak dekat. Coba kita lihat di
kawasan Malioboro dan dikawasan Candi Borobudur, di sana kita bisa melihat
andong dan dokar berkumpul disana (kalo malioboro adanya andong).
Lampiran
LEMBAR PENILAIAN SIKAP (AFEKTIF)
No
|
Nama
|
Perilaku
|
Score
|
Nilai
|
|||||||||||
Bekerja sama
|
Bertanya
|
Menjawab
|
Merespon
|
||||||||||||
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
||||
1
|
|||||||||||||||
2
|
|||||||||||||||
3
|
|||||||||||||||
4
|
|||||||||||||||
5
|
|||||||||||||||
6
|
|||||||||||||||
7
|
|||||||||||||||
8
|
|||||||||||||||
9
|
|||||||||||||||
10
|
|||||||||||||||
11
|
|||||||||||||||
12
|
|||||||||||||||
13
|
|||||||||||||||
14
|
|||||||||||||||
15
|
|||||||||||||||
16
|
|||||||||||||||
17
|
|||||||||||||||
18
|
|||||||||||||||
19
|
Lampiran
LEMBAR PENILAIAN KOGNITIF
Nama :
No absen :
Kelas
:
- Sebutkan tiga contoh sarana transportasi yang
digunakan oleh manusia!
- Sebutan masing-masing empat kelemahan dan
kelebihan teknologi transportasi masa lalu dan masa sekarang!
- Jelaskan manfaat alat transportasi bagi
manusia!
- Jelaskan masing-masing perbedaan sarana
transportasi pada masa lalu dan masa kini!
- Sebutkan masing-masing lima ciri alat transportasi masa lalu dan masa sekarang!
Kunci
Jawaban Tes Akhir
- Mobil, becak, sepeda motor, bis, pesawat
terbang, kereta api, kapal laut
- Kelebihan kekurangan
No
|
Masa Lalu
|
Masa Sekarang
|
||
Kelebihan
|
Kelemahan
|
Kelebihan
|
Kelemahan
|
|
1
|
Tidak
mengeluarkan polusi
|
Cepat
rusak
|
Bisa
cepat jalannya
|
Mengeluarkan
polusi
|
2
|
Aman
digunakan
|
Tidak
bisa cepat jalannya
|
Praktis
|
Banyak
mengeluarkan biaya perawatan
|
3
|
Tidak
perlu latihan
|
Kurang
diminatu
|
Bisa
tepat waktu
|
Mahal
|
4
|
Tidak
perlu menyiapkan tempat khusus
|
Barangnya
terbatas
|
Nyaman
digunakan
|
Harus
mencari dulu dan mungkin pesa
|
5
|
Tidak
banyak biaya untuk perawatan
|
Perlu
menyiapkan tempat khusus
|
||
6
|
Tidak
bergantung pada suku cadang
|
- Manfaat transportasi menjadi tiga klasifikasi
yaitu:
a. Manfaat Ekonomi
Kegiatan ekonomi bertujuan memenuhi kebutuhan manusia dengan menciptakan manfaat. Transportasi adalah salah satu jenis kegiatan yang menyangkut peningkatan kebutuhan manusia dengan mengubah letak geografis barang dan orang sehingga akan menimbulkan adanya transaksi.
Kegiatan ekonomi bertujuan memenuhi kebutuhan manusia dengan menciptakan manfaat. Transportasi adalah salah satu jenis kegiatan yang menyangkut peningkatan kebutuhan manusia dengan mengubah letak geografis barang dan orang sehingga akan menimbulkan adanya transaksi.
b. Manfaat Sosial
Transportasi menyediakan berbagai kemudahan, diantaranya a) pelayanan untuk perorangan atau kelompok, b) pertukaran atau penyampaian informasi, c) Perjalanan untuk bersantai, d) Memendekkan jarak, e) Memencarkan penduduk.
Transportasi menyediakan berbagai kemudahan, diantaranya a) pelayanan untuk perorangan atau kelompok, b) pertukaran atau penyampaian informasi, c) Perjalanan untuk bersantai, d) Memendekkan jarak, e) Memencarkan penduduk.
c. Manfaat Politis
Transportasi menciptakan persatuan, pelayanan lebih luas, keamanan negara, mengatasi bencana, dll.
Transportasi menciptakan persatuan, pelayanan lebih luas, keamanan negara, mengatasi bencana, dll.
d. Manfaat
Kewilayahan
Memenuhi kebutuhan penduduk di kota, desa, atau pedalaman
Memenuhi kebutuhan penduduk di kota, desa, atau pedalaman
- Darat, laut dan udara
a. Transportasi
darat
Masyarakat pada masa lalu menggunakan alat transportasi yang masih sederhana. Sebelum ditemukan mesin, alat transportasi seperti pedati, delman, dan kuda merupakan alat transportasi andalan. Teknologi transportasi tersebut masih menggunakan tenaga hewan dan manusia. Kemampuan jelajahnya juga masih sangat terbatas dan memerlukan waktu yang lama. Sekarang orang masih menggunakan alat transportasi tersebut namun tidak menjadi alat utama. Seringkali kuda dan delman digunakan sebagai sarana rekreasi saja.
Masyarakat pada masa lalu menggunakan alat transportasi yang masih sederhana. Sebelum ditemukan mesin, alat transportasi seperti pedati, delman, dan kuda merupakan alat transportasi andalan. Teknologi transportasi tersebut masih menggunakan tenaga hewan dan manusia. Kemampuan jelajahnya juga masih sangat terbatas dan memerlukan waktu yang lama. Sekarang orang masih menggunakan alat transportasi tersebut namun tidak menjadi alat utama. Seringkali kuda dan delman digunakan sebagai sarana rekreasi saja.
b. Transportasi
air
Masyarakat pada masa lalu menggunakan alat transportasi air seperti perahu dayung, rakit, dan perahu layar. Perahu dayung dan rakit digerakkan oleh kekuatan tenaga manusia. Sedangkan perahu layar digerakkan oleh tenaga angin dan tenaga manusia. Seiring dengan ditemukannya mesin bermotor, masyarakat kini menggunakan perahu bermotor dan kapal sebagai alat transportasi air. Kapal-kapal modern dapat mengangkut barang berton-ton serta dapat menempuh jarak yang sangat jauh. Bahkan kini sebuah kapal besar dapat digunakan sebagai landasan pesawat tempur. Kapal ini dinamakan kapal induk
Masyarakat pada masa lalu menggunakan alat transportasi air seperti perahu dayung, rakit, dan perahu layar. Perahu dayung dan rakit digerakkan oleh kekuatan tenaga manusia. Sedangkan perahu layar digerakkan oleh tenaga angin dan tenaga manusia. Seiring dengan ditemukannya mesin bermotor, masyarakat kini menggunakan perahu bermotor dan kapal sebagai alat transportasi air. Kapal-kapal modern dapat mengangkut barang berton-ton serta dapat menempuh jarak yang sangat jauh. Bahkan kini sebuah kapal besar dapat digunakan sebagai landasan pesawat tempur. Kapal ini dinamakan kapal induk
c. Transportasi
udara
Kamu tentu pernah melihat pesawat terbang, baik secara langsung maupun
lewat televisi. Pesawat terbang merupakan angkutan udara yang sangat canggih.
Perjalanan pesawat terbang lebih cepat dibandingkan dengan angkutan darat atau
angkutan laut. Sekarang terdapat berbagai jenis alat angkutan udara antara lain
helikopter, pesawat tempur serta pesawat penumpang. Bahkan kini manusia dapat
menjelajah luar angkasa dengan menggunakan pesawat luar angkasa.
- Jawab:
Ciri-Ciri Transportasi Masa Lalu
|
Ciri-Ciri Transportasi Masa Sekarang
|
·
Tidak
mengelurakan polusi
|
·
Mengeluarkan
polusi
|
·
Tidak
banyak biaya untuk perawatan
|
·
Banyak
mengeluarkan biaya perawatan
|
·
Mudah
didapatkan
|
·
Harus
mencari dulu dan mungkin pesan
|
·
Tidak
bergantung pada tenaga ahli
|
·
Bergantung
pada tenaga ahli
|
·
Tidak
bisa cepat jalannya
|
·
Bisa
cepat jalannya
|
·
Tidak
bergantung pada suku cadang
|
·
Bergantung
pada suku cadang
|
·
Tidak
perlu menyiapkan tempat
|
·
Perlu
menyiapkan tempat khusus
|
Lampiran
LEMBAR
FORTOFOLIO
(PSIKOMOTOR)
No
|
Nama
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
||||||||
Ketepatan
isi
|
Kerapian
|
Kerjasama
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
1
2
3
4
5
|
Kriteria Penilaian
Skor maksimum = 90
Lampiran
LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS)
Nama Kelompok :
1.
2.
3.
4.
Kelas :
Hari/Tgl :
Tujuan
Untuk mengetahui
arti kata sukar dan kalimat utama yang terdapat pada bacaan
Soal :
1. Carilah arti kata-kata sukar yang terdapat pada bacaan
No.
|
Istilah
|
Arti
|
2. Diskusikan bersama
kelompokmu kalimat utaama yang terdapat pada teks
bacaan
tersebut!
………………………………………………………………………………….........
………………………………………………………………………………….........
………………………………………………………………………………….........
………………………………………………………………………………….........
………………………………………………………………………………….........
3. Buatlah
ringkasan dari teks bacaan dengan cara
merangkaikan kalimat-kalimat utama pada setiap paragraf
bacaan!
………………………………………………………………………………….........
………………………………………………………………………………….........
………………………………………………………………………………….........
………………………………………………………………………………….........
………………………………………………………………………………….........
No comments:
Post a Comment