Friday 27 September 2019

RPP MODEL INTEGRATED KTSP KELAS IV


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan     : Sekolah Dasar
Model                           : Integrated
Kelas/Semester            : IV/II
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan (6x35 menit)

  1. Standar Kompetensi
Bahasa Indonesia
Membaca
7. Memahami teks melalui membaca intensif, membaca nyaring, dan membaca pantun

IPS
2. Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi

PKn
4. Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya

  1. Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
7.1 Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif

IPS
2.3 Mengenal perkembangan teknologi produksi komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya
PKn
4.1 Memberikan contoh sederhana pengaruh globalisai di lingkungannya

  1. Indi kator
Bahasa Indonesia
7.1. 1 Mengidentifikasi kalimat utama pada setiap paragraf
7.1. 2 Menjelaskan arti kata-kata sukar dari teks
7.1. 3 Menulis ringkasan dari teks

IPS
2.3.1 Menyebutkan pengertian teknologi
2.3.2 Mengelompokkan jenis-jenis transportasi
2.3.3 Membedakan jenis transportasi masa lalu dan masa kini

PKn
4.1.1 Menyebutkan pengertian globalisasi
4.1. 2 Menyebutkan pengaruh globalisasi di lingkungan
4.1.4  Mencontohkan  sikap terhadap pengaruh globalisasi di lingkungan

  1. Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan penjelasan dari guru, siswa dapat menyebutkan pengertian teknologi transportasi dengan tepat
2.      Dengan tanya jawab, siswa dapat mengelompokkan jenis-jenis transportasi dengan tepat
3.      Dengan mengamati gambar, siswa dapat membedakan jenis transportasi masa lalu dan masa kini dengan tepat
4.   Dengan penjelasan dari guru, siswa dapat menyebutkan pengertian globalisasi dengan tepat.
5.      Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan pengaruh globalisasi di lingkungan dengan tepat
6.      Dengan tanya jawab, siswa dapat mencontohkan sikap terhadap pengaruh globalisasi di lingkungan dengan tepat
7.      Dengan diskusi, siswa dapat mengidentifikasi kalimat utama pada setiap paragraf dengan tepat
8.      Dengan diskusi menjelaskan arti kata-kata sukar dari teks dengan tepat
9.      Dengan penugasan, siswa dapat menulis ringkasan dari teks dengan tepat

  1. Materi Pembelajaran
1.  Membaca intensif untuk menemukan kalimat utama dalam paragraf
2.      Perkembangan teknologi transportasi darat, air, udara pada masa lalu dan masa sekarang
3.      Pengaruh globalisasi di lingkungan
4.      Sikap terhadap pengaruh globalisasi di lingkungan

  1. Media, Metode dan Model
1.    Media
a.    Rekaman lagu “Naik Delman”
b.    Gambar transportasi masa lalu dan masa kini
2. Metode : Demonstrasi, Diskusi, Tanya Jawab, Penugasan
3. Model : tipe STAD
Langkah-langkah model kooperatif tipe STAD adalah sebagai berikut :
a.       Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
b.      Menyajikan informasi
c.       Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar
d.      Membimbing kelompok bekerja, dan belajar
e.       Evaluasi
f.       Memberikan penghargaan

  1. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1.    Pendahuluan ( 15 menit)
a.       Guru mengkondisikan kelas (merapikan meja dan kursi, berdoa, absensi, menyiapkan alat/bahan/media pembelajaran) untuk siap belajar.
b.      Apersepsi ( tanya jawab, memotivasi, bernyanyi, gambar)
c.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. (tahap 1: menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa)
2.    Kegiatan Inti ( 75 menit)
a.    Eksplorasi
1)      Siswa bersama guru bertanya jawab mengenai gambar yang dipajang di depan kelas
2)      Siswa bersama guru bertanya jawab mengenai gambar tersebut
3)      Siswa mendengarkan informasi yang disampaikan guru mengenai gambar tersebut (tahap 2)
b.   Elaborasi
4)      Siswa dibagi ke dalam 4 kelompok yang terdiri dari 5 orang (tahap 3)
5)      Masing-masing kelompok diberikan teks bacaan oleh guru
6)      Siswa mengidentifikasi kata-kata sukar yang terdapat pada bacaan
7)      Siswa mencari kalimat utama pada teks
8)      Selanjutnya, siswa diminta meringkas teks bacaan dengan cara merangkaikan kalimat-kalimat utama pada setiap paragraf bacaan.
9)      Siswa dibimbing oleh guru dalam mengerjakan tugas tersebut (tahap 4)
c.    Konfirmasi
10)  Siswa diminta untuk menampilkan hasil diskusinya (tahap 5: evaluasi)
11)  Siswa diminta untuk duduk kembali ketempat masing-masing
12)  Siswa yang tampil mendapat penghargaan secara verbal dari guru (tahap 6: memberikan penghargaan)
3.      Kegiatan Penutup (15 menit)
a.       Guru memberi penguatan tentang pembelajaran yang telah diikuti.
b.      Siswa dan guru menyimpulkan materi pembelajaran
c.       Menutup pelajaran

  1. Sumber Belajar
1.      Kaswan Darmadi dan Rita Nirbaya. 2008. Bahasa Indonesia 4. Jakarta: Depdiknas.
2.      Retno.2008. Cerdas Pengetahuan Sosial.Jakarta: Depdiknas
3.      Prayoga dan Ati. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan: Menjadi waraga negara yang baik. Jakarta: Depdiknas
4.      Majalah/koran/media elektronik

  1. Evaluasi
1.         Afektif
1.    Prosedur tes                 : Proses dan akhir
2.    Bentuk tes                   : Unjuk kerja
3.    Alat tes                       : Rubrik (terlampir)
2.         Kognitif
a.       Prosedur tes                : Akhir
b.      Bentuk tes                   : Tertulis
c.       Alat tes                      : Soal (terlampir)
3.         Psikomotor
a.       Prosedur tes                : Proses dan akhir
b.      Bentuk tes                   : Fortofolio
c.       Alat tes                      : Rubrik (terlampir)

Materi
PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI

Transportasi adalah pemindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah wahana yang digerakkan oleh manusia atau mesin. Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Di negara maju, mereka biasanya menggunakan kereta bawah tanah (subway) dan taksi. Penduduk disana jarang yang mempunyai kendaraan pribadi karena mereka sebagian besar menggunakan angkutan umum sebagai transportasi mereka.
Transportasi sendiri dibagi 3 yaitu, transportasi darat, laut, dan udara. Transportasi udara merupakan transportasi yang membutuhkan banyak uang untuk memakainya. Selain karena memiliki teknologi yang lebih canggih, transportasi udara merupakan alat transportasi tercepat dibandingkan dengan alat transportasi lainnya.
Perkembangan transportasi sekarang membawa dampak kehidupan yang lebih baik. Tenaga manusia berpindah menjadi tenaga mesain sehingga mempermudah masyarakat untuk melakukan aktifitas walaupun tempat tersebut jauh.
Transportasi masa kini sudah marak di mana mana. Contohnya Sepeda motor, Mobil,Truk, DLL. transportasi itu ternyata membuat kira ringan untuk berpergian. Dan anakanak zaman sekarang dari umur 12 tahun sudah bisa untuk menggunakan kendaraansepeda motor. Itu juga dari dampak globalisasi masa kini yang sangat cepat menyeranganak anak.Zaman dulu transportasi tersebut jarang yang menggunakan karena transportasi ituharganya mahal untuk di beli. dulu transportasi kebanyakan menggunakan sepeda. itupun juga ada pajaknya namanya plembir. jika telah membayar pajak sepeda itu adastiker plembir itu. seperti kendaraan sekarang. Jangan bilang transportasi zaman dulu punah. ternyata transportasi zaman dulu digemari oleh anak anak sekarang terutama sepeda. dan transportasi seberti dokar,andong, becak kereta api masih banyak di gunakan oleh masyarakat sekarang. bahkansepeda pun di harapkan oleh pemerintah untuk mengatasi pemanasan global yangterjadi saat ini. di setiap rambu lalu lintas daerah kota Yogyakarta di berikan tempatkhusus berhenti untuk sepeda.
Lalu andong dan dokar tersebut di jadikan untuk wisata pengunjung dari luar kota ataudi jadikan alat transportasi jarak dekat. Coba kita lihat di kawasan Malioboro dan dikawasan Candi Borobudur, di sana kita bisa melihat andong dan dokar berkumpul disana (kalo malioboro adanya andong).

Lampiran
LEMBAR PENILAIAN SIKAP (AFEKTIF)

No
Nama
Perilaku
Score
Nilai
Bekerja sama
Bertanya
Menjawab
Merespon
3
2
1
3
2
1
3
2
1
3
2
1
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19

Lampiran
LEMBAR PENILAIAN KOGNITIF

Nama              :
No absen        :
Kelas               :
  1. Sebutkan tiga contoh sarana transportasi yang digunakan oleh manusia!
  2. Sebutan masing-masing empat kelemahan dan kelebihan teknologi transportasi masa lalu dan masa sekarang!
  3. Jelaskan manfaat alat transportasi bagi manusia!
  4. Jelaskan masing-masing perbedaan sarana transportasi pada masa lalu dan masa kini!
  5. Sebutkan masing-masing lima ciri alat transportasi masa lalu dan masa sekarang!

Kunci Jawaban Tes Akhir
  1. Mobil, becak, sepeda motor, bis, pesawat terbang, kereta api, kapal laut
  2. Kelebihan kekurangan
No
Masa Lalu
Masa Sekarang
Kelebihan
Kelemahan
Kelebihan
Kelemahan
1
Tidak mengeluarkan polusi
Cepat rusak
Bisa cepat jalannya
Mengeluarkan polusi
2
Aman digunakan
Tidak bisa cepat jalannya
Praktis
Banyak mengeluarkan biaya perawatan
3
Tidak perlu latihan
Kurang diminatu
Bisa tepat waktu
Mahal
4
Tidak perlu menyiapkan tempat khusus
Barangnya terbatas
Nyaman digunakan
Harus mencari dulu dan mungkin pesa
5
Tidak banyak biaya untuk perawatan
Perlu menyiapkan tempat khusus
6
Tidak bergantung pada suku cadang

  1. Manfaat transportasi menjadi tiga klasifikasi yaitu:
a.       Manfaat Ekonomi
Kegiatan ekonomi bertujuan memenuhi kebutuhan manusia dengan menciptakan manfaat. Transportasi adalah salah satu jenis kegiatan yang menyangkut peningkatan kebutuhan manusia dengan mengubah letak geografis barang dan orang sehingga akan menimbulkan adanya transaksi.
b.       Manfaat Sosial
Transportasi menyediakan berbagai kemudahan, diantaranya a) pelayanan untuk perorangan atau kelompok, b) pertukaran atau penyampaian informasi, c) Perjalanan untuk bersantai, d) Memendekkan jarak, e) Memencarkan penduduk.
c.       Manfaat Politis
Transportasi menciptakan persatuan, pelayanan lebih luas, keamanan negara, mengatasi bencana, dll.
d.      Manfaat Kewilayahan
Memenuhi kebutuhan penduduk di kota, desa, atau pedalaman
  1. Darat, laut dan udara
a.       Transportasi darat
Masyarakat pada masa lalu menggunakan alat transportasi yang masih sederhana. Sebelum ditemukan mesin, alat transportasi seperti pedati, delman, dan kuda merupakan alat transportasi andalan. Teknologi transportasi tersebut masih menggunakan tenaga hewan dan manusia. Kemampuan jelajahnya juga masih sangat terbatas dan memerlukan waktu yang lama. Sekarang orang masih menggunakan alat transportasi tersebut namun tidak menjadi alat utama. Seringkali kuda dan delman digunakan sebagai sarana rekreasi saja.
b.      Transportasi air
Masyarakat pada masa lalu menggunakan alat transportasi air seperti perahu dayung, rakit, dan perahu layar. Perahu dayung dan rakit digerakkan oleh kekuatan tenaga manusia. Sedangkan perahu layar digerakkan oleh tenaga angin dan tenaga manusia. Seiring dengan ditemukannya mesin bermotor, masyarakat kini menggunakan perahu bermotor dan kapal sebagai alat transportasi air. Kapal-kapal modern dapat mengangkut barang berton-ton serta dapat menempuh jarak yang sangat jauh. Bahkan kini sebuah kapal besar dapat digunakan sebagai landasan pesawat tempur. Kapal ini dinamakan kapal induk
c.       Transportasi udara
Kamu tentu pernah melihat pesawat terbang, baik secara langsung maupun lewat televisi. Pesawat terbang merupakan angkutan udara yang sangat canggih. Perjalanan pesawat terbang lebih cepat dibandingkan dengan angkutan darat atau angkutan laut. Sekarang terdapat berbagai jenis alat angkutan udara antara lain helikopter, pesawat tempur serta pesawat penumpang. Bahkan kini manusia dapat menjelajah luar angkasa dengan menggunakan pesawat luar angkasa.

  1. Jawab:
Ciri-Ciri Transportasi Masa Lalu
Ciri-Ciri Transportasi Masa Sekarang
·         Tidak mengelurakan polusi
·         Mengeluarkan polusi
·         Tidak banyak biaya untuk perawatan     
·         Banyak mengeluarkan biaya perawatan
·         Mudah didapatkan
·         Harus mencari dulu dan mungkin pesan
·         Tidak bergantung pada tenaga ahli
·         Bergantung pada tenaga ahli
·         Tidak bisa cepat jalannya
·         Bisa cepat jalannya
·         Tidak bergantung pada suku cadang
·         Bergantung pada suku cadang
·         Tidak perlu menyiapkan tempat
·         Perlu menyiapkan tempat khusus

Lampiran
LEMBAR FORTOFOLIO (PSIKOMOTOR)

No
Nama
Aspek yang dinilai
Skor
Nilai
Ketepatan isi
Kerapian
Kerjasama
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
4
5













Kriteria Penilaian
Skor maksimum = 90
                            
              



Lampiran
LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS)

Nama Kelompok      : 1.
                                      2.
                                      3.
                                      4.
Kelas                           :
Hari/Tgl                      :

         Tujuan
Untuk mengetahui arti kata sukar dan kalimat utama yang terdapat pada bacaan

      Soal :
1. Carilah arti kata-kata sukar yang terdapat pada bacaan
No.
Istilah
Arti












  
2. Diskusikan bersama kelompokmu kalimat utaama yang terdapat pada teks bacaan
tersebut!
………………………………………………………………………………….........
………………………………………………………………………………….........
………………………………………………………………………………….........
………………………………………………………………………………….........
………………………………………………………………………………….........
3. Buatlah ringkasan dari  teks bacaan dengan cara merangkaikan kalimat-kalimat utama pada setiap paragraf bacaan!
………………………………………………………………………………….........
………………………………………………………………………………….........
………………………………………………………………………………….........
………………………………………………………………………………….........
………………………………………………………………………………….........


No comments:

Post a Comment