ANALISIS SKL, KI, PADA TEMA, SUBTEMA DAN PEMBELAJARAN
KELAS
: IV (empat)
TEMA
: 1. Indahnya Kebersamaan
SUBTEMA : 1. Keberagaman Budaya
Bangsaku
SKL
|
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Dimensi Sikap
Pribadi yang beriman, berakhlak mulia, percaya diri,
dan bertanggungjawab dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial, alam sekitar, serta
dunia dan peradabannya
|
KI-1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
|
||
KI-2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri, dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
|
|||
Dimensi Pengetahuan
Pribadi yang berkemampuan pikir dan tindak yang
efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret
|
KI-3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpainya di
rumah, di sekolah, dan tempat bermain
|
Bahasa Indonesia
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung
yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
IPA
3.5 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya
dengan indera pendengaran.
IPS
3.5 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya,
etnis dan agama di provinsi setempat sebagai
identitas
bangsa Indonesia.
|
3.1.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan
pendukung setiap paragraph dari teks tulis.
3.5.1 Menjelaskan cara
menghasilkan bunyi
3.5.1 Mengidentifikasi
keragaman budaya, etnis, dan agama dari temanteman
di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia
|
Dimensi Keterampilan
Pribadi yang menguasai ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya dan berwawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
|
KI-4 : Menyajikan pengetahuan faktual dengan bahasa
yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan prilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
|
Bahasa Indonesia
4.1 Menata informasi
yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan
antar
gagasan ke dalam
kerangka tulis.
IPA
4.4 Menyajikan laporan
hasil pengamatan dan/
atau percobaan tentang
sifatsifat bunyi.
IPS
4.5 Menceritakan keragaman sosial, ekonomi, budaya,
etnis dan agama di provinsi setempat sebagai
identitas
bangsa Indonesia.
|
4.1.1 Menyajikan gagasan utama dan
gagasan pendukung
setiap paragraf dari teks
tulis dalam bentuk peta
pikiran
4.4.1 Menyajikan laporan pengamatan tentang cara
menghasilkan bunyi.
4.5.1 Mengomunikasikan
secara lisan dan tulisan
keragaman budaya, etnis, dan agama dari temanteman
di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia.
|
No comments:
Post a Comment