Friday 27 September 2019

ANALISIS SKL DAN KI



ANALISIS SKL, KI, PADA TEMA, SUBTEMA DAN PEMBELAJARAN

KELAS          : IV (empat)

TEMA            : 1. Indahnya Kebersamaan

SUBTEMA    : 1. Keberagaman Budaya Bangsaku

SKL
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Indikator
Dimensi Sikap
Pribadi yang beriman, berakhlak mulia, percaya diri, dan bertanggungjawab dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial, alam sekitar, serta
dunia dan peradabannya
KI-1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri,   dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
Dimensi Pengetahuan
Pribadi yang berkemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret
KI-3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain
Bahasa Indonesia
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
IPA
3.5 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
IPS
3.5 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya,
etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas
bangsa Indonesia.

3.1.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraph dari teks tulis.


3.5.1 Menjelaskan cara
menghasilkan bunyi


3.5.1 Mengidentifikasi
keragaman budaya, etnis, dan agama dari temanteman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia
Dimensi Keterampilan
Pribadi yang menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan berwawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
KI-4 : Menyajikan pengetahuan faktual dengan bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan prilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Bahasa Indonesia
4.1 Menata informasi
yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar
gagasan ke dalam
kerangka tulis.
IPA
4.4 Menyajikan laporan
hasil pengamatan dan/
atau percobaan tentang
sifatsifat bunyi.

IPS
4.5 Menceritakan keragaman sosial, ekonomi, budaya,
etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas
bangsa Indonesia.

4.1.1 Menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung
setiap paragraf dari teks
tulis dalam bentuk peta
pikiran


4.4.1 Menyajikan laporan pengamatan tentang cara
menghasilkan bunyi.


4.5.1 Mengomunikasikan
secara lisan dan tulisan
keragaman budaya, etnis, dan agama dari temanteman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia.


No comments:

Post a Comment